Mama tidak suka kalo aku bahagia

Discussion in 'Ruang Curhat' started by alvy, 28 July 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. alvy

    alvy New Member

    Aku capek. Aku baru masuk SMA banyak uang admin, aku diomongin mulu sama Mama tiap kali aku minta uang. Dia suka ngungkit2 juga kayak "kemaren kmu minta tujuh ratus..." sering banget diungkit-ungkit. Mama juga sering cerita kalo dia habis ngeluarin uang buat ini itulah. Aku masih sekolah belum bisa cari uang, percuma Mama cerita sama aku karena aku habis bantu apa2. Aku heran kenapa Mama ngeluh uang mulu padahal kita ga miskin. Finansial selalu ada padahal.
    Terus aku juga cape, aku sering nangis tengah malem aku cape.. rasanya aku gamau dilahirin. Mama selalu ga suka sama temen2 yg aku pilih, ini kenapa aku susah dapat temen.Mama juga gasuka kalau aku suka sama cowok. Padahal kan normal gitu remaja saling suka2an. Aku pengen cerita ke mama tentang cowok yang aku suka aku kayak temen2 yang lain. Aku pengen cerita tentang pendapat aku tentang segala hal tapi Mama aku malah suka nge jugde opini aku. Aku pikir aku kayak peliharaan cuma dikasih makan doang tapi ga pernah ngertiin perasaan aku. Aku rasa 80% depresinya aku gara2 orang tuaku. T
     
  2. RumputLiar

    RumputLiar Active Member

    Aku percaya tidak semua orang tua sempurna. Posisi ini pernah kurasakan, ya meskipun lebih ringan dan beda konteks. Pada kasusku, aku kira karena orang tua yg belum dewasa. Seiring waktu dan usia, orang tua semakin matang dan bijak (meskipun mungkin tidak untuk bapakku). Tapi itupun tidak menjamin terjadi pada semua orang tua. Yang penting Mbak tidak semakin merusak diri sendiri.. Apa yang di luar diri kita, di luar kendali kita. Anggap saja itu luck, sial, takdir. Lakukanlah apa yang Mbak anggap dapat menyelamatkan kesehatan jiwa (kebahagiaan) Mbak. Backstreet, atau apalah silakan, tapi ingat batasan. Jangan sampai pelanggaran batas menambah beban (katakanlah semisal pacaran, sampai hamil). Jika bukan kepada Ibu, di sini banyak teman yang mau mendengarkan..
     
  3. reiha

    reiha Well-Known Member

    Tidak ada formula untuk menjadi orangtua yang sempurna, semua hanya bisa belajar dan mencoba. Jika apa yang mama lakukan membuat kamu sakit hati, beri dia kesempatan untuk belajar memperbaikinya. Bicarakan dan diskusikan. Hubungan baik yang kk dambakan itu tidak akan berhasil kalau salah seorang tidak bersedia untuk mengecilkan ego.

    Kalau dari cerita kk mungkin mama adalah orang yg mudah cemas. Kalau soal uang, dia mungkin tidak mau kk boros. Dia cerita keluar uang buat ini itu pada kk karena rasanya lebih tidak etis kalau dia cerita pada orang lain. Dengarkan saja, orangtua sekalipun butuh telinga untuk curhat. Mama juga tidak suka soal gebetan mungkin karena cemas dengan pergaulan kk, maklum berita di luar sana sangat mencengangkan bagi setiap orangtua. Saya tidak bilang bahwa semua tindakan/penilaian mama masuk akal, tapi coba lihat dulu dari sudut pandang mama. Ajak juga mama untuk melihat dari sudut pandang kk. Mungkin sedikit demi sedikit kalian bisa saling memahami.

    Selamat berusaha ya.
     
    Esnoir and yunav like this.
  4. Orang tua adiku juga sama loh tapi adiku itu cueknya naujubillah jadi jika mamanya ngomelin dia masalah uang bayaran diamah dengerin aja tau kenapa kata dia gini
    "Mengeluh kan sifat dasar manusia emang kenapa kalo mama ngerasa kesel karna bayaran mulu intinya dibayar kan haha ngapain sakit hati ama omomgan orang tua sakit hati tuh kalo dilasih makan atau dipukulin" kurang lebih gitu jawaban adik saya.

    UNTUK suka keseseorang gk cuman kamu yg bisa cerita keibu saya & adik saya seorang muslim y walau gak alim tp orang tua saya ngelarang saya pacaran klo udah gede langaung taaruf makanya jangan ngerasa sendirian boro boro cerita doi cerita temen yg lawan jenis orang tua kadang seuzon tp buar begitu pasti itu baik buat kita percata deh
     
  5. Esnoir

    Esnoir New Member

    tp y coba dipikirin aja mana mungkin sih ada ortu yg ga mau anaknya bahagia kan aneh jg
    jd kemungkinan besar ya lo yg salah paham sama ortu lo sendiri
    mungkin maksudnya baik tp ya nyampeinnya ga nepat dan lonya lg baper jd ngerasanya gt
     
  6. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Kamu anak tunggal atau gimana? Terus ortu kamu masih lengkap ada ayah dan ibu? Karena biasanya kalau cuma singel parent walaupun ada uang tetep aja berasa berat kalau harus bayar ini itu banyak banget.

    Dan masalah kamu punya temen tapi mama kamu ga suka. Mungkin feeling mama kamu ga bagus sama temen kamu. Siapa tau temen kamu ada niat jahat atau apa gitu. Dan kalau masalah cowok ya seperti komen2 orang di atas mama kamu takut kamu "bablas" atau ga sengaja "kecelakaan" atau bahkan "dipaksa" sama cowok itu.

    Kamu masih kecil baru lulus SMP jadi mama kamu mikir kamu belum dewasa buat pacaran. Emang ada orang tua yg jahat, tapi saya rasa mama kamu tidak termasuk ortu jahat. Mungkin mama kamu ga bisa ngomong ke kamu dengan cara yg baik dan benar dan akhirnya malah salah paham dan nyakitin hati kamu.

    Orang tua punya kekhawatiran yg tidak pernah bisa dirasakan oleh anaknya.

    Mungkin kamu bisa tanya knp mama kamu marah2 waktu kamu minta uang admin. Kan itu untuk kebutuhan sekolah kamu bukan untuk kamu main2/senang2. Juga yg masalah teman kamu tanya knp mama kamu ga suka sama teman kamu.
     
  7. eki amelia

    eki amelia Member

    Aku pernah ada di posisimu. Bahkan smpe sekarang mamaku masih sering sulit kalo dimintain bantuan :p
    gak apa2, sepertinya kalian berdua harus punya banyak waktu bersama. saling menerima keadaan masing2 maksudnya semua org sedang belajar jadi orang baik kan. Mungkin ibumu jg butuh seseorang untuk berbagi sebetulnya, cuma cara dia meluapkannya kurang sesuai untuk kamu. Coba mengertikan mamamu ya.. beri perhatian padanya lebih.
     

Share This Page