numpang curhat, tentang rumah tangga

Discussion in 'Ruang Curhat' started by sailormoon angel, 22 August 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Aku baru menjadi seorang ibu, putri ku baru berumur satu bulan..
    Suami ku dulu bekerja di slh satu PT, dan skrg sdh tidak bekerja lagi karna habis kontrak sejak kami menikah baru satu bulan, jadi sdh hampir setahun ini..
    Suamiku masih berpenghasilan,bekerja dengan adiknya yg menjadi owner fotografer..
    Waktu hamil alhamdulillah msh cukup, namun pas bayi kami baru sebulan akupun mulai bimbang bagaimana nantinya, ini aja kdg udh gak cukup.. Aku juga kadang membantunya mengedit video ikut bekerja dgn adiknya.. Penghasilan kami berdua hanya 200-300 perminggu.
    Sekarang rasanya aku sedih banget.. Suamiku berfikir aku banyak tuntutan, karena selama bayi kami lahir ini aku menyuruhnya untuk melamar pekerjaan..
    Ceritanya kan ayah ku tuh punya temen dia kepala sekolah, jd aku mnt tolong ayahku utk bilang sama temen nya buat masukin suamiku ngajar, lumayan buat tambahan fikirku.. Trus ibuku jg ada kenalan jd waktu aku lg hamil kemarin, suamiku di tawari oleh ibuku.. Tp suamiku tersinggung, katanya dia ngerasa org tuaku itu nuntut..
    Sedih banget rasanya..
    Apalagi skrg kan aku tinggal di rumah org tua ku karena aku kemarin melahirkan secara Cesar.. Dan tidak bs bekerja berat di rumah.. Yang bikin aku tambah sedih lagi suamiku itu jarang pulang kerumah sini, dia bilang ke aku takut ngerepoti krn dia gak kerja.. Dia jg bilang dgn ku kalau org tuaku banyak tuntutan.. Suamiku slalu pulang kerumah ibunya, kebetulan ibunya sdh lama sakit diabetes dan harus di suntik insulin stiap satu jam sebelum beliau makan.. Akupun slalu mengizinkan nya, padahal di rumah ibunya itu ada kakaknya, di belakang rumah nya juga ada rumah adik dan kakak satunya lagi.. Memang sih slama ini dia yg nyuntikin, aq jg gak bs dan gak ada hak utk ngelarang krna ibunya kasian dgn kondisi umur beliau jg yg sdh lemah.. Ibunya jg baik banget.. Termasuk mertua yg sgt baik.
    Nah masalah nya skrg karena ayahku kemarin nasehatin suamiku untuk jgn tidur pagi.. Karena waktu pagi2 ayh ku nelpon dia gak di angkat2.. Trs aku bilang ke ayh mungkin dia tidur.. Ayah ku nelfon dia buat ngasih tau nyuruh dia utk buat surat lamaran yg mau di kasih ke temen nya yg kepala sekolah tadi.. Ayh ku bilang jgn tidur pagi nanti rezeki di patok ayam dan bla bla bla.. Pdhl ayh ku ngmg nya gak marah.. Sama kayak ayahku nasehati aku..
    Dan sekarang suamiku sudah dua hari nggak pulang kerumah.. Kangen anaknya juga enggak.. Nelpon juga enggak, cuma sms sekali kalau dia gak bisa balik kerumah.. Alasan nya banyak, mau nyuntik ibunya, trus nemenin adiknya nganterin fotolah, ngedit videolah.. Pdhl yg nyuntik ibunya klo gak ada dia juga kakaknya.. Biasanya jg gak pernah2 dia ikut nganterin foto.. Ngedit video jg slama ini selalu aku..
    Trus dia bilang gak mau pulang takut ngerepoti ayh dan ibuku katanya..
    Suamiku bener2 org yg mdh tersinggung..
    Padahal kalau mau di bilang soal tersinggung aku jauh lebih sering lagi tersinggung dengan istri adiknya.. Istri adiknya lebaran tadi aja gak salaman atau mnt maaf dgn suamiku, apalagi dgn aku.. Jd aku dluan yg salimin... Dr pertama aku pcrn dlu pun begitu.. Ketemu dijalan aja gak pernah negur aq.. Liat aq nikahan pun mukanya terlihat kayak gak suka, kalau di depan kluarga suamiku aja dia negur aku, klau ga ada siapa2 boro2 negor, noleh aja kagak.. Sifatnya emg begitu, dg ipar yg satu lg dulu dy jg begitu.. Kufikir mgkn krn aku dari org ga punya, tamatpun cm batas SMA beda dgn dia yg sekolah tinggi, hidupnya mewah, org tua berada.. Aku dan suami ga pernah d anggap.. Tapi aku sama sekali gak pernah tersinggung ataupun marah atau harus nunjukin rasa benci dgn mereka sama sekali enggak.. Memang sih kalu di bilang musuhan sih enggak, tp hubungan kami dg mereka biasa2 aja.. Gak ada ribut atau apalah.. Iparku yg satunya dgn istri adikku skrg mereka akrab.. Padahal dulunya dy jg ga d agp oleh adik iparku satu itu, Krn pekerjaan mereka yg d haruskan jd partner di fotografi, kalau suamiku cuma di ajak2 aja sama adiknya..
    Bukan nya aku gak bersyukur dengan rezeki yg Allah kasih.. Tapi kalau bs rezeki kami sedikit lebih mengingat anak yg sdh satu.. Kalau ikut org tua iya cukup2 in.. Kalau udh misah sendiri gak tau bisa berdiri atau nggak..
    Hati dan batinku jg jadi tekanan kalau suamiku terus2 an kerja sama adiknya, karena Adiknya juga agak genggam di uang.. Semua apa2 tergantung istrinya yg pegang kuasa..
    Tambahlah aku dan suami mgkn bs d anggapnya rendah.. Tp bkn itu yg aku pusingkan, aku ingin suamiku punya pekerjaan lain.. Tp apa boleh buat, terkadang support ku beranggapan tuntutan untuknya...
    Sedih sekali rasanya..
    Maaf untuk tulisan aku yg udah kayak cerpen, terima kasih sudah membaca dan yg ingin berkomentar.. Lumayan menghilangkan sedikit keluh kesah dan kegalauan di jiwa ini.. Hhe. Salam kenal semua
     
    Venna Asha H. and Yoona like this.
  2. sonie

    sonie Member

    Sebenernya bukankah itu kewajiban suami untuk menafkahi istrinya lahir dan batin dalam sebuah pernikahan..... Bukan mksud saya untuk menyalahkan suami kamu tpi saya juga bingung dengan pola pikir dia.... Dengan kondisi keuangan kalian yang sperti itu harusnya dia bisa mikir supaya gmn isa nyukupin kebutuhan kalian apalagi kalian juga baru punya anak khan.... Saran saya ea mendingan kamu ajak ngbrol suamimu berdua ntah itu dikamar atau dmn yang jelas private utk kalian berdua..... Ngmong dri hati ke hati tentang semua uneg2 atau ganjalan yang ada di pikiran kamu..... Gmn nanti coba tanggepan dia sebagai seorang suami dan kepala kluarga....
     
    Venna Asha H. likes this.
  3. Pernah suatu kali aku coba berbicara dgn dia.. Jawaban nya cuma gpp penghasilan pas2 an asal hidup bahagia.. Ya tp semua nya ga cukup.. Dunia ini semakin hr semakin maju. Walau dia bilang aku nuntut, Ngelamar kerja pun udah dia coba.. Cuma kadang kesel aja dgn sikap nya.. Makan hati rasanya.. Di tambah dgn adik iparnya yg begitu.. Terkdg sedih dg semua keadaan.. Kdg pengen nya diem aja, udah pasrah tp mkn hati.. Makasih mas atas saran nya.. Nanti saya coba untuk didiskusikan lg dgn nya
     
  4. sonie

    sonie Member

    Ea kmu coba tanya saja ma suami kamu itu gimana caranya hidup bahagia dengan penghasilan yang klo mnurutku untuk hidup satu orang saja itu kurang apalagi ini untuk hidup tiga orang..... kamu suamimu dan anakmu...... Ea kamu banyakin berdoa saja dan cobalah berserah diri pada yang di atas.... Smoga pintu rejeki untuk kluarga kecilmu itu segera dibukakan oleh yang di atas....... Amien....
     
    Venna Asha H. likes this.
  5. Iya bener juga ya.. Nanti aku coba bilang gitu ke dia... Aamiin mas.. Semoga Allah mengabulkan.
     
  6. triawan77

    triawan77 New Member

    sabar ya mba, harus bisa bersabar, karena suami sekarang ibaratnya sedang terpuruk dan jatuh, jadi sensitiv dan mudah tersinggung, tetap suport dia, tetap semangati bagaimanapun kondisinya, pakai kata2 tebaik yg mba bisa untuk menyemangati dan menghibur dia.. yang penting mba mau berusaha terus jangan gampang menyerah dulu, tetap berdoa Insya Allah yang terbaik buat kalian
     
    Venna Asha H. likes this.
  7. Nurul_hid

    Nurul_hid Member

    Mba harus tegas ama suami, bilang kalo niat keluarga mba itu baik bukan untuk menuntut.... Jika mba ga tegas sifat suami akan terus begitu TAPI TETAP DIBALIK KETEGASAN SISIPKAN KELEMBUTAN... LAKI2 PALING NURUT KLO DI LEMBUTIN tapi juga ttap tgas
     
    Dini Malik likes this.
  8. hahachi

    hahachi Active Member

    sebenernya untuk membuat seorang laki-laki menjadi punya gairah/semangat itu mudah mbak. . . kamu takdzimi aja dia, kamu cintai tanpa embel-embel keharusan ini itu, bagaimanapun kondisi dia, tetap kamu tampung, biasanya emang seperti itu mbak kalau seorang laki-laki dituntut ini itu ia malah sangat mungkin jadi down, karena ia merasa kehilangan cintanya/ cinta yang ia terima tidak sepenuhnya, ketulusan itu sangat penting dalam kehidupan, karena bagaimanapun juga ketulusan keikhlasan ya energi kehidupan yang benar-benar menguatkan. yang ia butuhkan ya dukungan darimu, dan dukungan terbaik dari seorang istri ke suami ya keikhlasan istri untuk mau/rela berada pada kehidupan yang seperti apapun tanpa menuntut ini itu, mau menderita mau miskin ya pokoknya jalan saja tanpa nuntut ini itu percayakan penuh (kalau orang jawa bilang pasrah bongkoan) pokoknya kamu taunya mencintai dia titik, kamu tampung dia sepenuhnya. saya rasa jika dia benar-benar manusia ia akan on fire :D penuh semangat penuh gairah hidup, karena kecenderungan laki-laki yang manusia ia tidak akan mungkin membiarkan orang yang benar-benar mencintainya dan ia cintai menderita, , , , pokoknya gini aja kalau ada waktu longgar coba deh kamu minta maaf soal yang kemarin-kemarin nutut atau nyuruh-nyuruh dia untuk cari kerja, kamu minta maaf dan bilang saja, terserah-serah kamu mas mau berbuat apa, pokoknya apapun yang terjadi saya tetap akan sama kamu, mau miskin mau menderita saya tidak perduli asalkan tetap sama kamu, :D kalau untuk saat ini dapetnya penghasilan segini ya Alhamdulillah, gak cukup ya dicukup-cukupkan. :D:D:D ada kalanya laki-laki perlu digombalin untuk dia merasa nikmat pada kehidupan dia, jangan hanya tuntutan-tuntutan yang kamu hadirkan kepada dia, kalau soal tuntutan atau kewajiban sebagai seorang suami saya rasa asalkan dia masih manusia dia tetap akan memutar otak untuk penghidupannya dengan keluarga. :D laki-laki manapun akan enggan dan malah sangat menjadi tidak bergairah hidupnya jika ia tidak mempunyai cinta, :D untuk itu sebagai seorang wanita ya pantasnya penuh kasih sayang, bukan malah menjadi pelatih tim kesebelasan :D tar malah bingung si suami, :D:D:D tapi selama suamimu itu masih manusia jika ia kamu takdzimi, kamu cintai, kamu tampung, dan kamu rela menderita dengannya tanpa kamu keluhkan, tentu itu jadi support terbaik dan terbesar untuknya.

    pentingnya mengalahkan diri sendiri, bukan orang lain. :D:D:D:D:D:D
     
    MasnyaEnak and Niki Dios like this.
  9. Dini Malik

    Dini Malik Member

    suami mbak kayaknya keras kepala ya, padahal kalo mau suami mbak bisa lo jd driver grab. penghasilan jadi driver grab juga lumayan loh mbak, mengalah pegawai kantoran malahan.
     
  10. Ponco

    Ponco Member

    Kamu tuh tau semuanya..
    Hebaaaattttt...
    Boleh kenal kamu gak???
     
  11. hahachi

    hahachi Active Member

    maaf kamu keliru kalau menyangka aku tau semaunya, justru malah sebaliknya... tidak ada hal yang benar-benar aku ketahui,,,, jika aku tampak seakan tau sesuatu hal ya sebenarnya hanya Tuhan saja yang membikin saya seakan tahu, padahal tidak sama sekali. yang tau ya yang membikin aku yang mengadakan ada aku.

    hebat???? ckakakakakakak :D:D:D hebat apanya, bahkan untuk berdiri sendiri saja aku gak bisa, :D:D:D aku manusia yang sangat gagal jika dinilai dari keilmuan yang sekarang ini sedang berlangsung
     
  12. Ponco

    Ponco Member

    Ehmmm...
    Boleeh kenall???
     
  13. hahachi

    hahachi Active Member

    boleh lah,,,, kenapa tidak? :D
     
    Ponco likes this.
  14. kuro

    kuro Active Member

    setuju banget nih sama si hachi, perlu banget mengalahkan diri sendiri. kalo banyak tuntutan gak cuma suami si mba , saya sendiri aja bakal gedeg, prinsip saya sih kalo orang lain gak bisa ya saya harus bisa.

    buat mba nya, yang sabar aja dulu. nanti kalo anak nya dah bisa di tinggal mba cari kerjaan, biar ada kesibukan jadi soal mertua, ipar dan ortu mba gak jadi pikiran buat mba, yang terpenting sekarang anak mba
     
  15. Terima kasih semua nya.. Komentar kalian sangat membangun Benar seperti yg saudara @hahaci bilang.. Sudah saya terima dan percayakan semua nya.. Alhamdulillah juga dalam hal membantu dan mensupport suami sdh saya lakukan.. Semoga slalu diberikan dan dimudahkan jln nya suami saya utk keluarga..
     
  16. Yoona

    Yoona Member

    mba yang sabar yah, aku hanya bisa nyimak. Soalnya aku belum berumah tangga jadi ga tau mau kasih masukan apa..
    intinya Tuhan ga akan kasih hambanya cobaan melebihi kemampuan hambanya, semua pasti ada hikmanya :)
     
    Venna Asha H. likes this.
  17. Hestie

    Hestie Active Member

    setau aku sih kalau udah masalah UANG emg sensitif banget mbak, meski aku ga kenal suami mbak tapi dari cerita mbak yang dia masih mau kerja ditempat adiknya dan masih sering suntikin insulin ke mama'nya sedikit byk itu nunjukin dia bukan pria yang blangsak.
    aku rasa utk urusan ekonomi kurang mungkin suami mbak paham betul, sekarang masalahnya nyari jalannya itu yg lagi susah.
    apa mgkn dirumah sering dikata²in kah? Atau diatur begini dan begitu kah?
    misalkan : kamu harusnya begini, jangan begitu. Kita kan lagi kekurangan sekarang, masa km nya begini sih? (Intinya begini salah begitu juga salah) alhasil suami merasa makin terpojok.
    Dan utk teguran dr bapak'nya mbak mgkn bagi mbak itu biasa aja dg nada bicara yg biasa aja. Kemudian mbak bertanya Kenapa hrs tersinggung toh harusnya sy yg lbh tersinggung atas perlakuan istri adik ipar yg bla bla bla.
    mbak.... sesama wanita aku mau ngasih tau nih. Bagi mbak omongan bpk nya mbak biasa aja, tp bagi suami mbak (maaf) yg ga ada hubungan darah'a sama sekali, yg baru ketemu GD pst itu sgt² menyakitkan.
    Merasa makin ga ada guna, merasa semua org jahat, istri, mertua semua'nya cuma bisa nuntut doank (wajar dia merasa seperti itu krn masalahnya dia juga belum ketemu jalan)
    Point terpenting adalah selagi kita bisa bantuin suami, bantuin mbak. Klu mbak merasa kerja di adik ipar uang'nya ga cukup coba mbak usaha lain.
    Contoh : dagang online (klu belum punya modal jadi dropshipper dlu) dll
    Soalnya klu cuma suruh suami yg begini begitu tapi kita sbg istri ga mau berusaha yg ada makin panas mbak.

    Aku bukannya ngebelain suami mbak loh ya, ini aku cerita kaia begini krn aku juga sempet ngalamin kondisi kaia mbak.
    Dulu suami buka stand dibeberapa mall, rupa'nya karyawan korupsi. Kebetulan kami tinggal di daerah yg ckup jauh dr mall² itu, akhirnya 1mggu sekali suami pantau sekaligus ngambil uang. Setelah nikah, pendapatan makin berkurang. 1 persatu stand yg dibuka akhirnya ditutup. Sampai akhirnya tutup semua. Karena kecurigaan kami pada karyawan yg berkhianat.
    Suami ku memang dr bujangan sudah sering usaha, kemudian gagal, usaha lagi gagal lagi smpi ortu nya kesel krn cuma bisa ngabisin duit doank. Tapi mau gimana lagi? Lagi nyari jalan toh? Lagi muter otak bisnis ini dan itu.
    Nahhh aku punya inisiatif memang, utk ngebantuin ekonomi keluarga. Puji syukur dibukain jalan. Memang klu mau dibilang pendapatan ku jauh diatas suami tapi aku ga pernah mau sombong dan selalu berusaha support suami terus dan kalaupun harus aku yang mengeluarkan uang lebih utk kebutuhan keluarga sama sekali ga masalah. Usaha yg saya jalani pun berkat suami yang mengajarkan basic²nya, yang dg fokus, selalu berdoa dan bersykur akhirnya di bukain jalan.
    Suami awal² down banget tapi aku selalu bilang bahwa sekarang kamu ga sendiri, aku udah ada dihidup kamu. Kesusahan dan kesenangan kita pikul sama². Aku bukan cari pangeran kerajaan yang terima beres semua, aku mencari pria yang mau menuntun dan jalan bersama² menuju masa depan.

    Semoga keadaan ekonomi dan keadaan keluarga mbak membaik ya....amiin.
     
  18. Venna Asha H.

    Venna Asha H. New Member

    Saya belum berumah tangga, tapi belajar dari ayah saya, dulu ayah saya juga orang yang seperti itu mbak. Bahkan dia nganggur bertahun2 dan ibu saya bekerja sendirian. Untungnya ibu saya termasuk memiliki jabatan jadi mencukupi kebutuhan kami. Tapi ya itu, ayah saya jadi sangat sensitif. Mungkin dia merasa gengsi atau apa. Setelah ayah saya mendapat pekerjaan, walau gajinya jauh di bawah gaji ibu saya, ibu saya diperintahkan keluar kerja mbak oleh ayah saya. Karena ibu saya istri yang sangat taat dan baik, dia menuruti kemauan suami. Jadi memang gengsi laki2 ada pada dompetnya, ketika ia down masalah keuangan, ia seperti kehilangan taringnya. Mungkin mbak bisa mensupport dengan sangat sangat lembut, atau mbak juga boleh mencontohkan seperti ibu saya. Jadi suami mbak merasa kalah saing dan rasa ingin bersaingnya jd tinggi lagi. Karena memang laki2 terlahir bersaing mbak :) jika ia blm on fire untuk bekerja, jadilah saingannya (dalam hal baik) dan jangan lupa sambil mensupport juga. Tapi jika nnti ia malah tersinggung dan lain2, mungkin memang cara pikirnya tidak seperti kita mbak..dan kl itu twrjadi, wah saya gak tau mbak :)
     
    sonie likes this.
  19. Volt

    Volt Well-Known Member

    Sabar sis... mngkn dia mudah tersinggung karena kondisinya dia lg stress nganggur (sejujurnya saya lg seperti itu jg,makanya agak” ngerasain sih di posisi suami mu)... coba bisnis online aj sis... lumayan bisa d bikin d rmh pula...
     
  20. ramdhan_ramzie

    ramdhan_ramzie Active Member

    jadi seorang ibu memang hebat:).
    -----
    [ ]
    [ ]
    [ ]
    [---------------- ]
    [======= ]
    [========== ]
    [======== ]
    [======= ]
    [===------------ ]
     

Share This Page