Apa gunanya kita berusaha dan berdoa dalam hidup, kalau semua sudah di tentukan allah?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Mufana14, 14 November 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Mufana14

    Mufana14 Member

    Mohon bantuannya
     
  2. Talita

    Talita Active Member

    Kan yg d tentukan Tuhan pastinya yg terbaiklah.d dunia ini gak ada yg instan.mie aja yg d bilang instan,mesti d siram air panas dulu kan atau kalau mau lebih aduhai,d bikin oseng oseng telur,kerupuk,ayam rica dll.(duh jadi lapar)

    Nah,km jg gak dapat apa apa kalau cuma duduk diam dan pasrah aja sm hidupmu.emang km tau apa yg sudah d tentukan Tuhan sm km?bisa saja kan karna km malas atau apa?apa yg sudah d tentukan malah d putar balik lagi sm Tuhan karna km malah gak berusaha untuk mendapatkannya.

    Contoh : km pernah lihat kakek kakek yg jd logo KFC?beliau dulu hidupnya susah hingga ingin bunuh diri.kalau dia jalani aja hidupnya dengan flat,dan tdk ingin berusaha,pastinya dia udah mati dengan sia sia.namun karna tiba tiba kena angin sepoi sepoi dia pun mendapat ide menjadi penjual ayam krispi.it dia berkhayal di bawah pohon rindang dan akhirnya dia bs terkenal kan?

    Tuhan akan melihat hambanya yg berusaha.meski garis hidup dia seharusnya gak begitu,tapikan pasti ada usaha dan pasrah sm Tuhan inilah yg membuat hidupnya berubah menjadi lebih baik bahkan di luar ekspetasi nya dia.nah,kalau cuma diam diam doang?meski km seharusnya jd org kaya in the future mah,km gak akan bs jd org kaya kalau gak ada usaha dan berserah diri.

    Semoga membantu :)
     
    rikisibarani likes this.
  3. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Tapi sist, saya berusaha waktu itu ..
    Sewaktu tes kerja kemarin hasilnya yg di bawah saya justru lolos ..
    Padahal usaha dan berserah kpd tuhan...
     
  4. Hestie

    Hestie Member

    maaf nimbrung,
    kasus seperti ini sudah byk terjd, bukan hny kamu saja yg ngalamin.
    contoh : ada anak selama sekolah dy selalu dpt juara 1, tapi waktu ujian akhir nasional malah ga lulus. Nahloh? Bigung kan, justru yg nilai'a pas²an malah lulus.
    Lalu kita mau bilang bahwa Tuhan itu ga adil? ENGGA deng.
    semua usaha kita, kerja keras kita, kerja cerdas kita akan mendapatkan hasil maksimal kalau TUHAN BERKEHENDAK.
    ingat, segala sesuatu yg terjadi atas KEHENDAK Tuhan.

    Kita hny menilai, melihat, menerka bahwa apa yang tampak didepan mata saja.
    Tapi TUHAN yang maha kuasa mampu lihat sampai ke titik² yg manusia tak mampu utk melihatnya.
    Contoh : kamu melamar kerja disatu perusahaan kemudian km ditolak/tidak lulus seleksi dan lain semacamnya.
    Sejauh ini km melihat bhw perusahaan tsb sgt menjanjikan jenjang karier yg bgtu mantap, jam krj yg tidak trllu padat, tidak bentrok dg jam kuliah dll.
    Pokoknya km udh yakin perusahaan tsb sangat amat bagus.
    Ehh ga tau nya perusahaan itu menipu byk klien, menipu cust nya, byk kasus ini & itu.
    Tuhan ga mau km ada disana krn Tuhan syg sama km, kl km disana nnti jadi org yg ga bener.
    Ini contoh saja, dan masih byk lagi contoh² yg lain.
    Coba pikir dari sudut yang positif, jangan melulu fokus pada apa yg ingin kamu mau kemudian kamu menganggap bahwa Tuhan tidak adil, tidak baik dan lain semacamnya.
    Jika memang sudah maksimal berusaha & sudah berserah kpd Tuhan tp tidak juga mendapatkan hasil. Berarti ada jalan lain yg lbh baik yg sudah Tuhan siapkan utk km.
    Tinggal tggu waktu yg tepat.
    Semangat :)
     
  5. Mufana14

    Mufana14 Member

    Justru karena allah tidak pernah mengabulkan doa ku makanya hidupku hancur
     
  6. Mufana14

    Mufana14 Member

    Aku sudah capek pasrah begitu dan doaku belum pernah di kabulkan sampai sekarang
     
  7. Alam Lukman

    Alam Lukman Well-Known Member

    Saya dulu suka heran. Doa saya itu selalu trkabul klo doain orang segimana sulitnya itu. Tapi doa saya sendiri ga pernah terkabul. Akhirnya saya teliti2. Saya sadar klo doain orang lain tanpa sepengetahuan itu lebih tulus. Sebaliknya waktu doain sendiri ada ego ada nafsu yg terlibat. Akhirnya saya ubah doa saya. Saya mohon untuk dikabulkan karena ini bukan hanya untuk diri saya sendiri tapi saya juga ingin berarti buat orang2 di sekitar saya. Ammiiin. Dan barulah dikabul. Btw saya shalat hajatnya 7 malam.12 rakaat sehari. Shalat taubah. Baca surat arrahman. Puasa sunnah juga. Insha Allah
     
    Satuduatiga likes this.
  8. Alam Lukman

    Alam Lukman Well-Known Member

    Nah ini ujian. Ada yang diuji dengan kesulitan ada yang diuji dengan kemudahan. Disaat kamu mau bersabar dan lebih mendekatkan diri disaat ini ini justru bisa jadi goals buat kamu. belum tentu loh kamu masih mau mendekatkan diri sama ibadah klo dikasih kemudahan. bisa jadi kamu lupa diri. Berbangga. Nah Allah punya cara trsendiri untuk mendekatkan Dirinya sama kamu. Kalo udah deket kamu ga akan takut apapun. Percaya deh. Semua yg dirisaukan itu bakal jadi nothing. Karena sebetlnya orang yg sudah merasa dekat dengan Allah akan merasa sudah mendapat segalanya. Masalah akan terlihat seperti perhatianNya. semakin disyukuri malah semakin tenang dan semakin beruntung (somehow) diberi sesuatu ga bikin sombong karena tau semuanya milik Allah. Nah ini... Klo udah masuk fase ini kamu ga akan resah lagi. Insha Allah
     
  9. skyvanilla

    skyvanilla Member

    Semua memang sudah di tentukan oleh Allah
    Tapi dmana letak usaha, doa, dll kita? Ketika kita hanya memilih utk tetap diam dan berfikir bahwa smua sudah di tentukan sama Allah
    Dgn cara kita berdoa berusaha, mungkin kita belum merasakan dampaknya apa dlm jngka pndek trhadap kita, bisa aja Allah mau ngasih kejutan di saat yg tdk terduga, bisa aja allah rindu dgn hambaNya yg selalu berdoa dgn cara memberikan ujian krna ketika hambaNya berada dlm kesenangan, dia lupa utk tetap berdoa kpd allah
    Dan memang takdir telah di tentu.. ketika kita memilih jalan yg baik, maka ada jalan lain setelah itu
    Ketika jalan yg kita ambil itu salah, pasti ada jalan lain yg gak sama dgn jalan yg baik
    Tetap berusaha, berdoa dan ikhlas dgn apa yg terjadi.. bisa saja ada kejutan setelah itu kan?
    Tetap semangat ^^

    #pengingat utk diri sndiri juga
     
  10. jagung beledug

    jagung beledug Active Member

    nggak usah mikir ribet, pake logika aja, klo semua doa dikabulkan nggak bakal ada tuh namanya org miskin, pengemis, dll, semuanya bahagia dah dan dunia ini udah jadi surga firdaus wkwk
     
    @Denpaa17 likes this.
  11. Mufana14

    Mufana14 Member

    Jadi kita hanya pasrah hingga ajal menjemput
     
  12. KyuKe

    KyuKe New Member

    K
    Kalau kamu pasrah berarti kamu gak meyakinin adanya tuhan yang dapat merubah jalan hidup mu. Seharusnya kamu justru lebih berjuang gagal coba lagi bangkit lagi mohon lagi ngerengek ke allah lagi. Be positif thinking ke Allah. Itu kamu udah menyalahkan Allah maha pencipta. Jangan menyerah tsayy semua orang punya cobaannya masing masing kadarnya jg berbeda beda sesuai kesanggupan kita. Ikhtiar bukan pasrah beda maknanya say.
     
  13. Mufana14

    Mufana14 Member

    Tapi kesempatan ku untuk bangkit tidak ada lagi bahkan sekarang aku sudah tidak menginginkan apapun lagi dalam hidup ini
     
    MasnyaEnak likes this.
  14. jagung beledug

    jagung beledug Active Member

    trserah kanua sih, org lapar pergi ke dapur itu juga namanya berusaha kan wkwk, tp klo ada yg tiba2 bawain makanan kan rejeki tuh namanya. klo mau diem ditempat nunggu ajal juga boleh kok :D :D
     
    KyuKe likes this.
  15. jagung beledug

    jagung beledug Active Member

    kadang kalanya perlu berusaha berpuluh2 kali baru doa dikabulkan, misalnya ikut tes CPNS udah 10 kali yg terakhir baru lulus wkwk, semua ada waktunya dan ada prosesnya wkwk klo kanua cuma pengen sekali berdoa trus maunya langsung dikabulkan, saya kira tuhan juga males nanggepin wkwkwkwk
     
  16. Mufana14

    Mufana14 Member

    Kalau cuma sekali doa dan gak di kabulkan itu gak masalah, tapi aku mungkin sudah puluhan ribu kali berdoa dan tidak ada hasilnya
     
    MasnyaEnak likes this.
  17. Alam Lukman

    Alam Lukman Well-Known Member

    Gimana mau dikabulin. Dirimu aja udah pesimis mau dikabulin ato ga. nah ini penting. Kamu minta sesuatu nih. Tapi kamu yakin ga sama yang ngasihnya?
     
  18. Mufana14

    Mufana14 Member

    Waktu itu aku yakin, tapi sekarang mulai kurang karena tidak pernah di kabulkan
     
  19. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Apakah masih boleh berharap ?
    Dan sampai mana batasny boleh berharap?
     
  20. Alam Lukman

    Alam Lukman Well-Known Member

    Nah itu dia. mas jadi kesannya mau ibadah tapi ada maunya. Ini bikin males ngabulin doa. Wkwkwkwkwk. Tapi percaya lah aku mah Allah mah ga segitunya. cuman nunggu waktu tepatnya aja. Kubantuin lah doanya. Jadi gini di islam tu ada qada dan qadar ada yg disebut ketetapan yg diusaahakan ada yg mutlak. Kaya jodoh dan kematian itu mutlak. Nah kalo rejeki itu setengah2. Setengah hasil usaha setengah hasil ibadah. Ada orang yg tiba2 dapet rejeki. Ada yg harus usaha parah dulu. Kesamaannya cuman satu. Percaya.
    Percaya kalo itu bisa dilakukan
     
    KyuKe likes this.

Share This Page