Apakah saya bermasalah dengan kepribadian saya yang sulit terbuka dan bergaul dengan orang lain??

Discussion in 'Kenalan Yuk!' started by damar sarasvati, 5 September 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. damar sarasvati

    damar sarasvati New Member

    Hai teman teman saya baru disini

    Saya ingin berbagi pengalaman sekaligus ingin mencari solusi,barangkali ada yang memiliki permasalahan yang sama seperti saya

    Sebelumnya saya gambarkan dulu penilaian diri terhadap diri saya sendiri.
    Saya orang yang cuek,saya akan diam ketika ada hal yang kurang berkenan dihati saya. Tapi saya sangat memperhatikan detail yang ada disekitar saya. Saya sering dapat menilai karakter orang lain berdasarkan sikap dan gerak geriknya,dan kebanyakan hal itu benar dengan penilaian saya.
    Saya tidak bisa menutupi perasaan saya,misal bila saya marah. Saya menyukai hal hal yang tidak disukai orang orang disekitar saya. Saya merasa kepala saya dipenuhi hal-hal tentang apa saja. Sebenarnya saya sangat menyukai kegiatan yang berhubungan dengan orang lain,alam,dan makhluk hidup lainnya. Kegiatan outdoor dan bereksplorasi di luar. Tapi saya merasa sangat sulit dekat dengan orang orang disekitar saya.

    Saya seorang anak tunggal dari keluarga yang over-protect. Setelah dewasa ini saya baru berfikir bahwa saya jarang diberi keleluasaan untuk memilih apa yang saya inginkan,ketika saya salah orang tua saya marah tanpa ingin tau apa penyebab saya melakukan hal tersebut. Saya selalu dituntut untuk mandiri dan tidak melakukan kesalahan.

    Ketika sekolah (SD-SMA),teman teman menjauhi saya tapi disisi lain saya juga nyaman dengan kesendirian saya. Misal saya menghabiskan jam istirahat saya sendiri, nongkrong di kantin sendiri,sedang teman teman saya lainnya bisa ngobrol dengan dengan kelompoknya. Saya merasa sulit untuk menemukan objek pembicaraan dengan mereka. Sesekali saya ikut duduk bersama mereka,tapi seolah olah saya tidak ada. Terkadang saya berfikir,apakah bedanya saya dengan mereka??

    Ketika saya kuliah,yang kebetulan diluar kota tinggal saya dan jauh dari orang tua. Saya merasakan kebebasan,tapi saya tetap menjaga kepercayaan orang tua saya. Saya banyak mengenal teman teman baru,dan mereka bisa menerima saya. Saya mengikuti beberapa organisasi di kampus. Saya merasa masa masa kuliah ini adalah masa yang paling indah menurut saya. Saya memiliki beberapa teman yang cukup dekat baik cewek maupun cowok,dan saya sangat kehilangan.

    Selepas kuliah,saya kembali ke kampung halaman dan bekerja di salah satu perusahaan swasta. Saat ini saya merasakan kembali ketika saya memiliki teman teman yang tidak mempedulikan saya. Apa yang ingin saya bicarakan dengan mereka serasa buntu. Saya dianggap sombong,judes,dan sulit bargaul. Akhirnya saya lebih suka menghabiskan waktu saya sendiri,mambaca buku,bermain musik,menggambar,mengambil foto disekitar saya,bahkan nongkrong pun sendiri. Beberapa kali saya mengikuti ajakan teman untuk ikut kumpul dengan teman teman kantor,tapi tetap saja saya merasa tidak menemukan kecocokan disana.

    Dirumah saya sering berselisih faham dengan orang tua saya,karena saya selalu ingin melakukan kegiatan saya sendiri. Bukannya ada hal yang saya tutup tutupi,tapi saya hanya ingin sendiri. Sering saya merasa amat marah,hanya karena orang tua menegur,sedangkan saya sedang memikirkan sesuatu. Saya selalu bangun paling awal hanya untuk melalui pagi yang sunyi.

    Apakah saya memiliki kehidupan sosial yang sakit?
    Apakah ini ada hubungannya dengan latar belakang kehidupan keluarga saya?
    Apakah ada teman teman yang seperti saya?
    Apakah saya butuh semacam pengobatan atau apa?
    Saya sering membaca artikel artikel terkait dengan kepribadian saya,tapi saat ini saya butuh feedback dari orang lain.

    Longpost yaa...maaf yaa...
     
  2. marlboro

    marlboro New Member

    Hi Damar,

    1. saya rasa tidak ada yg sakit atau salah dari kehidupan sosialmu, kamu hanyalah seorang dengan kepribadian introvert yg berharap utk menjadi sesorang dgn kepribadian ekstrovert.

    2. Hubungan antara latar belakang kehidupan keluarga dengan kepribadian tentu ada.

    3. Saya sendiri jg seorang introvert. km bangun lbh pagi utk mendapatkan pagi yg sunyi, saya tidur lbh malam utk mendapatkan malam yg sunyi. That's how introvert enjoy their time

    4. Pengobatan ? oleskan betadine aja ditempat yg terluka :p
     
    Satuduatiga likes this.
  3. colorful love

    colorful love Member

    @damar sarasvati
    Setelah membaca tentang sekilas kehidupan kamu dari kecil sampai sejauh ini, aku pikir kayaknya kamu itu orangnya sama kaya aku. Aku juga kurang lebih punya kehidupan yang hampir mirip sama kamu. Aku juga pernah berpikir apa aku punya gangguan psikologis atau bagaimana karena aku ini orangnya sulit banget terbuka dan percaya sama orang lain. Tapi sekarang aku pikir mungkin orang-orang kaya kita cuma butuh temen yang tepat biar gak saling cuek atau dicuekin.
    Btw, kamu mau gak jadi temen aku? ^_^
     
    Satuduatiga and damar sarasvati like this.
  4. RumputLiar

    RumputLiar Active Member

    Kita mirip.
     
  5. RumputLiar

    RumputLiar Active Member

    Latar belakangnya juga mirip.
     
  6. Satuduatiga

    Satuduatiga New Member

    Sama kok kakk...
    Sepertinya itu normal karena menurutku itu masih dibatas wajar.
    Sebenarnya, semua orang punya kepribadian intraversi maupun ekstraversi, bedanya adalah mana yang lebih dominan. Nah yang dominan itulah yang akan mempengaruhi bagaimana kita bersikap dan berbuat.
    Selain diri sendiri, kepribadian kita terbentuk karena pengalaman, pengetahuan dan lingkungan sosial budaya kita kak. Mungkin salah satu yang paling mempengaruhi dari cerita kakak adalah pola asuh dari orang tua sm lingkungan sih, makanya jadi introvert.
    Dan memang orang tipe introvert bakal lebih nyaman melakukan hal hal sendiri, meski nggak menutup kemungkinan kita juga pingin dan bisa terbuka dengan orang lain.
    Semangat kakk :) manusia memang kompleks.
     
  7. damar sarasvati

    damar sarasvati New Member

    :):)seneng ya sy nggak sendiri...terima kasih...;);)
     
  8. Samuel alinsky545

    Samuel alinsky545 New Member

    Aku juga sama persis seperti kamu kalau untuk teman aku hanya membutuhkan 1 atau 2 teman yang sepemikiran mungkin ditempat sekarang kamu belum menemukannnya .nanti pasti ketemu .kalau aku sih lebih mendekatkan diri kepada Tuhan YMe dan curhat kepada Dia sehingga memberi kenyamanan.karena sekarang juga aku ditempat dan rekan yang kantor baru hampir dikatakan tidak ada yang mengajak ngobrol denganku tapi bagi ku tidak masalah karena dengan hal itu bagi saya membuat saya lebih independen
     

Share This Page