Bantuan Hukum dan Foto

Discussion in 'Ruang Curhat' started by mrsdby, 24 February 2019.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. mrsdby

    mrsdby New Member

    Mohon bantuannya buat yang mengerti hukum.


    Jadi, ada yang menyebarkan foto nude gw di twitter akhir akhir ini.
    Beberapa official account sex nyebar foto nude gw.
    +-2 tahun lalu, gw lagi butuh uang. Gw sempet pinjam ke salah satu teman gw, dia bilang kalo misalkan dia gak bisa bantu, tapi ada temannya yang bisa bantu. Lalu, di kirim lah kontak temennya itu ke saya.
    Singkat cerita saya kontek dan langsung ngomong kalo saya mau pinjam uang karna kebutuhan yang sangat mendesak. Dia minta fofo nude dengan perjanjian gak akan disebarluaskan. Gw semaput waktu itu.
    Akhirnya, beberapa bulan gw aman. Dan sekarang sekarang ini foto itu muncul lagi sampe beberapa temen gw kontek gw untuk ngasih tau hal ini.

    Gw tau gw salah, mau lakuin apa aja demi menyambung hidup. Sekarang, gw udh bener bener gak kenal dunia itu lagi dan hidup normal.
    Masalahnya, ini udh waktu mepet mau nikah. Calon suami udh tau soal ini, tapi gw gak mau sampe keluarga atau temen temennya tau soal ini.

    Kira kira, kalo kayak gitu, bisa di laporin ke polisi kah? Dengan tuduhan apa?
    Dan apa gw juga akan kena hukum?
    Jadi, apa yang harus gw lakuin?
     
  2. jeniii

    jeniii Active Member

    Itu bukan foto cewe yg sambil pegang kartu kah?
     
  3. didi rasidi

    didi rasidi Member

    ada bukti tidak janji dia tidak menyebarkan photo situh kalo kgk ada susah dari delik aduan
     
  4. Putri Rally Jelita

    Putri Rally Jelita Active Member

    seharusnya : 1) dr pd km jual diri , mending km jualan kelilingan krn ini sangkut paut sm harga diri km sbg perempuan .
    2) knp km langsung ngasih , ngga di fikir dulu akibatnya . 3) krn ini sudah terlanjur beri bukti ke polisi telah mencemarkan nama baik
     
  5. malware_404

    malware_404 Member

    kmu dan yg nyebarin foto jg akan kena uu ITE....contoh kyak kasus ariel dan lunamaya
     
  6. @mrsdby : Masalahnya, ini udh waktu mepet mau nikah. Calon suami udh tau soal ini, tapi gw gak mau sampe keluarga atau temen temennya tau soal ini.
    Udh terlanjur, damage control aja skrg. Kalo mrk chaos biarin, ditanya jelasin, trima sukur, ga trima tinggalin.

    @mrsdby : Kira kira, kalo kayak gitu, bisa di laporin ke polisi kah? Dengan tuduhan apa? Dan apa gw juga akan kena hukum?
    Bisa lapor. Cth kecil yg akhir2 aja: bidan di Prabumulih lapor ke polis foto bugilnya disebarin di medsos. Abg di Wonogiri ditangkep nyebarin video ngeue ke ibu pacar dan guru BP pacar. Di Lampung suami ditangkep nyebarin video istri masturbate dan ngeue inses. Kemaren di Makassar, video ngeue disebar di fb ama pacar, si cewe & ortu lapor, ditangkep. Beban hukuman dibebanin ke pelanggar, bukan ke pihak yg dieksploitasi. Harusnya emg gt. Pasal undang2 yg dikenai bisa macem2 nyebarin pornografi, pemerasan, dll.

    @mrsdby : Jadi, apa yang harus gw lakuin?
    Kontak org2 berpengalaman di bidangnya. Banyak lsm, organss, yysan yg support krn bergulat di isu perempuan, biasanya saling kenal & terhubung. Ini coba: YLBH APIK Jakarta, www.lbhapik.org, 021.87797289, wa: 081388822669, dan Komnas Perempuan nomer aduan prnh ditaro. Kepanjangan singkatannya liat di web mrk. Ada temen gw kerjanya pernah ckp lama sejalur mrk2, ngikut aktivisme sjk remaja. Ranah ini bagian misi hukum mrk, paralegalnya nanganin segala kasus terkait perempuan. Tambahan buat @ nonakucing juga lupa gw cantumin.

    RUU Penghapusan Kekerasan Seksual lagi diusahain jadi biar yg gini2 juga makin kuat. Salah satu dari 9 kekerasan seksual (pasal 11) adlh eksploitasi seksual.

    @malware_404 : kmu dan yg nyebarin foto jg akan kena uu ITE....contoh kyak kasus ariel dan lunamaya
    Ariel didakwa & ditahan, luna ama cut tari ga, status mrk tersangka dan saksi mahkota tp ga didakwa & ga dipenjara, wara wiri nikmati hidup, setelah 8 thn statusnya baru dianulir/cabut. Ini kasus high profile yg ada-ada aja.
     

Share This Page