Dijauhi

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Shappire, 13 September 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Shappire

    Shappire New Member

    Hai, panggil aja gw shappire dan gw (masih) kls 8 SMP. Tapi gw mau curhat. Tolong baca sampe habis dan kalau ada yg bisa ngasih saran, plis kasih saran itu karena gw bener-bener butuh.

    Gw punya temen, entah temen entah sahabat, gw meragukan status itu sekarang. Kita ada 5 orang. Diantara temen-temen sekelas, kita selalu kemana-mana berlima. Ke kantin ber5, di kelas kalau ngobrol jg ber5, kita semua anaknya receh, bobrok, gesrek. Dan itu bikin semua org iri karena ngerasa kita punya pertemanan yang seru. Kita ketawa bareng, bercanda bareng, bikin akun wattpad bareng, ngerjain bareng, dll.

    Di pertemanan 5 org ini, gw lah yang palung sering dinistakan aka kebuang. 4 orang lainnya selalu duduk depan belakang dan gue selalu ada di belakang mereka duduk sama anak lain. Kadang, kalau ada tugas kelompok guru suka ngebagi kelompok nya depan belakang alhasil gw gapernah bareng sama mereka dan mereka ngerjain tugas kelompok selalu ber4.

    Terus, di geng ini, gw yang paling suka di ejek-ejek. Biasalah anak SMP bercandaannya suka ngejek satu sama lain. Tapi gw yang paling sering. awalnya, gw anggep itu cuman bercandaan biasa gaperlu di anggep serius, tapi suatu ketika, waktu kita lagi asik bercandaan di depan kelas, temen-temen gue kompak ngedorong gw ke atas anak-anak laki2 yg lagi duduk2 di depan kelas. Mereka ngelakuin itu berkali2 walau gw udh teriak minta berhenti.

    Akhirnya gw gatahan dan ngerasa ini udh kelewatan, gw marah sama mereka. gw keluarin segala unek-unek gw tentang bercandaan itu di grup kita ber5. Salah satu temen gw langsung minta maaf. Dua temen berikutnya minta maaf sama gw besoknya.

    Nah, satu anak, sebut aja si A, dia tuh paling gampang baperan di geng ini. Dia tuh kadang kalo ga ada apa2 suka marah sendiri, walau sebenernya anaknya baik tapi kadang si A itu suka gengsi tinggi.

    waktu gw masuk lagi ke grup kita ber5, dia malah balik marah ke gw, ngatain gw aneh dan dia malah keluar dari grup itu. Gw maklumin. Anaknya emg begitu.

    Hari-hari berikutnya, kita tetep berlima, tapi si A tetep gamau ngomong sama gw dan selalu dgn sinis ngehindar dari gw padahal jelas2 masalahnya tuh udh selesai. tapi udahlah, gw biarin.

    Nah, ceritanya kan ada lomba mading gt di sekolah gw, jadi tadi siang ini gw pulang lebih sore sama anak-anak kelas lain. Kita bikin mading. Madingnya di bagi 2 kelompok. Kelompok gw tuh pada bikin tema sumpah pemuda dan kelompok ke 2 bikin tema bullying.

    Nah, anak2 kelompok 2 tuh emg lebih banyak bercanda daripada kerja. Sepanjang ngebahas mading, anak-anak laki2 dari kel.2 gangguin anak2 cewe mulu. di kelas gw, anak-anak cowo itu emg bercandanya kadang suka kelewatan. Kadang omongannya kotor, ga senonoh, dan suka narik-narik, pegang2 cewek. Tapi entah kenapa, beberapa cewek2 yg di perlakukan kayak gitu malah seneng dan kayak ga mempermasalahkan hal itu. Sepanjang jam yg disediakan mereka cuma ribut sendiri dan gw berusaha fokus dgn tugas gw.

    Nah, anak2 laki2 itu dengan isengnya noyor dan mukul2 kepala gw tanpa sebab. Bahkan ketua kelasnya ikut2an. Gw udah ngebela diri dgn bilang "galucu. Sumpah. BERHENTI GAK?!" Tapi mereka malah ketawa-ketawa. Dan makin menjadi-jadi. Akhirnya gw gatahan lagi dan gw pulang duluan.

    Sampenya di rumah, gw buka grup mading dan gw bilang di grup kls "yang kel.2 gausa temanya bullying. masa pembulky bikin tema bullying. Sama aja kaya maling teriak maling."

    Ternyata, si A yang masih salty sama gw ngerespon dgn bilang gw tuh terlalu suka nyangkut pautin segala hal dan blablabla. Gw akhirnya diem aja, terserah si A. Dan akhirnya, si A yang kebiasaan kqlau udah marah akhirnya left dr grup.

    Gw yakin anak2 di grup gw sebagian pasti jg ada yg kesel sama gw karena menurut mereka gw terlalu banyak protes dan gw yakin bsk waktu masuk kelas gw dijauhin sekelas. Ada anak yang baik sama gw pun kayaknya bsk jg gabakalan ngomong sama gw.


    Gw antara ngerasa bersalah dan juga antara marah karena gaada yg bisa ngertiin rasanya diganggu terus-terusan kayak gitu. Mereka yg ga setuju sama gw adalah yg menganggu, gak di ganggu, gasuka sama gw dari awal dan yang ikut2an sama yang lain.


    Skrg gw ngerasa kayak gw cuman cari masalah dikelas, gw harus gimana?
     
  2. Robinsparkles

    Robinsparkles Member

    Aduh adek masih smp disini.
    Gini ya buat gw masa smp memang udah lewat lama banget.
    Tp gw udah gede jg masih pernah kok dosa sosial. Entah gw ember ato salah ngomong. Pernah jg ngomongin orang di grup tp ngga sadar orangnya ada trus baca n ngga terima.

    Intinya jangan malu minta maaf
    Gue tau, gengsi, lu berasa ngga salah.
    Cuman kecuali lu sanggup hidup jd lone wolf, ya lu mesti dewasa, kurangin emosi, kurangi konfrontasi.
    Kalimat andelan gw kalo minta maaf lewat chat
    "Peace ya coi, gw kelepasan/kelewatan"

    Kalo lu emang ngga tahan sm yg ngebully lu, jangan pernah konfron di muka umum. Tp personal lah lu konfronnya.
    Gw pernah jaman sma merasa di ejek, nah pas jaman istirahat kebetulan kelas kosong gw sengaja smp pas gw bertiga sm 2 org yg ngejek gw. Terus gw deketin mereka n gw ngomong "kalian itu ngga punya perasaan" cool aja gt ngga pake emosi atau teriak2, abis itu gw langsung cabut. Serius abis itu mereka langsung guilty, ngga pernah ganggu gw lagi, tp berusaha menyenangkan hati gw. Karena tiap orang ngga ada yg 100 persen jahat.

    Summary:
    -jangan konfrontasi depan umum
    -jangan malu/gengsi minta maaf biarpun lu ngga merasa salah2 banget.
    -jangan lantas menutup diri biarpun disindir2/diomongin. Ya lu baik2in inisiatif bagi2 makanan, tetap ramah, tetap asik, ngebantuin kalo temen lu butuh bantuan, ya temen lu akan luluh kok.
     
    Niki Dios likes this.
  3. Niki Dios

    Niki Dios Active Member

    Sya mlihat ksalahan ada di kamu dan mreka.. So g ada salahnya sama" minta maaf.
     
  4. Talita

    Talita Active Member

    Jaman SMP gua jaman d mana gua pernah d panggil jd saksi d kantor polisi...
     
  5. riz kim

    riz kim New Member

    Parah y kelas lu, anak jm skrg, ckck
    Dulu jmn gw smp perasaan gk byk mslh bully, dulu malah gua punya genk yg kalo gua lagi 'keles' sama sswasswi laen, mereka pasti ada dblkg gue, bntuin gue melawan, itu yg nmany shbt.
    Y,emg klo slg ejek antar tmen sih hal yg wjar, tp y, mnrut gw tmn cwok lu emg udh termasuk 'bully' sma lo,mski mereka blg brcnda,
    Dan gk Tw apa emg budaya d daerah lo gitu shngga cwokny krg ajr atw gmna, klo lo gk ska ama skp mrka,gw rasa sah2 aj klo lo mo marah
     

Share This Page