gue sebenernya bipolar apa engga

Discussion in 'Ruang Curhat' started by lunaya, 10 July 2018.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. lunaya

    lunaya Member

    gue ngerasa ada yg ga beres sm diri gue sendiri, kalo marah bisa jd lebih agresif , gampang bgt curigaan sm seseorang, ngerasa kepingin bunuh diri, ngerasa ga bisa kerja apa-apa/useless, ngerasa susah konsentrasi, ngerasa sensitif bgt sama suara, bahkan ngerasa hasrat seksual gue makin tinggi

    1. ngerasa kepingin bunuh diri : jd kan gw punya nyokap yg skizofernia, gue ngerasa kalo penyakit dia bisa nurun ke gue, bahkan nantinya anak gue bisa jd korban selanjutnya dari gue. Jadi dari awal gue udh berencana buat bunuh diri biar gaada cowok yg bisa nikahin gue nanti, biar cowoknya jg ga ikutan sengsara.

    2. ngerasa gabisa kerja apa2 : yg gue rasain utk ini kayak, gue ga kompeten di bidang apapun, mau itu di bidang yg sesuai sm jurusan kuliah gue dulu/bidang yg sesuai hobi gue. ngomongin hobi gue ngerasa kyk gaada gairah sm sekali buat ngelakuin hobi gue yg dulu. malah rasanya males banget buat ngambil objeknya doang (fyi hobi gue gambar)

    3. ngerasa susah konsen : kalo ada org ngejelasin/kalo gue lagi nonton video fokus gue bisa pecah secara dadakan. awalnya gw miki "ah gue kecapean kali/ah gue kurang fokus biasa kali" tapi yg jd masalah ga konsennya itu bisa setiap menit.

    4. ngerasa hasrat seksual tinggi : gaada angin, gaada hujan, dan gaada pemicu (kayak film/gambar bokep) tiba2 gue bisa jd birahi sendiri, kyk spontan tiba2 gue ngebayangin diri gue ML sm seseorang. bahkan pada saat gue lagi diem ga nonton/liat yg macem2 birahi gue timbul sendiri

    5. gampang curigaan sama orang : gue ga ngerti emg krn gue takut keulang lg kesalahan yg sm atau karena hal lain. tapi yg gue rasain curigaannya ini bisa parah sometimes, kayak temen gw yg niatnya baik buat ngajakin main/ketemu biasa gue curigain dia bakalan nipu gue/nyakitin gue/manfaatin gue. Pokoknya curigaan yg no sense bgt

    6. agresif kalo marah : kalo bener2 gabisa nahan gue bisa sampe jambak2 kepala gue sendiri & ngancurin barang2 disekitar. awalnya gue mikir "mungkin itu pelampiasan amarah gue aja/luapan emosi gue selama ini."Tapi yg bikin gaenaknya kalo marah agresif hanya karena masalah sepele. Bisa sampe teriak&ngebentak org. Udh gt setelahnya gue ngerasa sedih sampe bisa nangis, sedihnya juga kadang gara2 pikiran yg gaada hubungannya sm masalah yg dihadapin. Jadi kyk gue sedih sampe nangis hanya karena khayalan gue semata

    7. terakhir, gue sering bgt ngerasa sakit kepala sm tegang leher&tengkuk. bangun tidur bukannya seger malah kadang badan gue nyilu semua. Awalnya gue pikir "ah salah bantal kali/yaelah posisi tidur gue kali yg salah". Tapi meskipun udh gue benerin malah tetep aja sama gaada perubahan. jadinya gue susah buat bergerak leluasa

    gue kepingin bgt ke psikiater/rsj. tp gue takut kalo gue ngaku/minta berobat disana gue dimarahin dibilang ngerepotin lah, buang2 duit lah. Soalnya dari dulu sampe skrg bokap suka ngerasa kesel kalo misalkan duit dipake cuma buat berobat (ngerasa kyk sia2 lah) jd dia suka ngingetin anak sm istrinya kyk "jgn sampe sakit, ntar malah ngerepotin org lain, buang2 duit pula, padahal kan bisa dipake buat keperluan lain duitnya". Jadinya gue takut, trs selalu nahan diri kalo lagi sakit,even udh parah sekalipun.

    gue bener2 luar biasa bingung sm diri gue sendiri
     
  2. lunaya

    lunaya Member

    tambahan lagi, akhir2 ini gue selalu mimpi buruk. buruknya bisa kyk ttg setan lah/masalah manusial lah dll. Sampe pernah gue ketakutan merinding sendiri gabisa gerak. Positif thinkingnya mungkin gue tidur kurang baca doa/karena bad day yg gue alamin. tp makin lama makin ganggu. soalnya suka kebayang2 lg mimpinya meskipun udh 2 hari lewat
     
  3. Niyaaat

    Niyaaat Active Member

    Sebelumnya kak, aku nanya, sejak kapan kaka kaya gini dan coba di ingat2 apa pernah punya pengalaman buruk, atau trauma akan sesuatu?
     
  4. Lnite

    Lnite New Member

    drpd bertanya2 lbh baik lg periksa ke psikolog or psikiater..
    pengobatan bs pakai BPJS kok..
    saya salah satu caregiver ODB ( Orang Dengan Bipolar )
     
  5. lunaya

    lunaya Member

    Gue ga inget pasti dr kpn,tp mungkin sekitar SMP/SMA. Tapi gue ga begitu ngeh dlu. Karena kan kadang timbul kadang engga gt. Jd gue anggap biasa aja dlu.
     
  6. Satuduatiga

    Satuduatiga Member

    Aku rasa ini gangguan emosi aja kak, ngga sampek bipolar. Krn kalo yang namanya bipolar kan up and downnya ada dan kerasa banget. Tiba tiba aktif tuh aktif banget, kalo depres tuh depres banget atau dg perubahan yang sangat cepat tp nggak terlalu. Nah bener kata niyaaat mungkin kakak ada trauma atau pengalaman buruk. Coba direnungkan lagi kak.
    Mungkin kakak merasa kecewa atau merasa kurang dihargai orang lain?
    Aku rasa itu bisa jadi solusi buat kakak.

    Oya kalo sakit di leher dan tengkuk leher tuh kurasa karena stres aja kak, krn banyak yang dipikirin.
     
    lunaya likes this.
  7. lunaya

    lunaya Member

    Klo pake BPJS persyaratan sm pengobatannya sama dgn pengobatan jalur pribadi apa beda jauh? Soalnya kan sering bgt gue temuin pengobatan lwt BPJS ga sebagus jalur pribadi
     
  8. lunaya

    lunaya Member


    Mudah2an iya cuma karena trauma & mudah2an jg karena terlalu stress. Tapi kalo ditanya ttg pengalaman trauma secara mental & seksual memang ada
     
  9. Lnite

    Lnite New Member

    mood swing blm tentu bipo, krn psikolog dan psikiater jg ga mudah menentukan seseorang itu bipolar hanya karna gejala sama, biasa aj itu deep major depresion..
     
  10. didi rasidi

    didi rasidi Member

    Kalo pake BPJS harus ke puskemas dulu

    Gw sama kaya lu sis trus Gw ke dokter sama dengerin org ngaji ( Gw islam) alhamdulilah berkurang sih tapi obat masih minum
     
  11. juzie

    juzie Well-Known Member

    trgantung faskes pertama yg dia pilih waktu daftar bpjs, klo daftarnya klinik ya di situ, klo daftarnya puskesmas ya ke puskesmas yg didaftar bpjsnya
     
  12. crowna

    crowna Active Member

    wah...bwt diagnose itu bipolar ato g panjang, panjang non...
    kita orang disini ya susah jawabnya, hahaha
    fyi, aku terdiagnose kecenderungan bipolar baru maret lalu...
    melalui serangkaian tes dan konsultasi
    sekilas, kalo dilihat dari ceritamu, hampir 80% aku ngerasain, ditambah saat marah pengen bunuh orang
    tapi kalo boleh saran aja, gimana kalo kamu sesekali keluar dari lingkunganmu...
    bentar aja...piknik tipis, ke laut, ke gunung, terserah yg kamu anggap nyaman..
    kamu merenung deh...coba komunikasi sama Tuhan
    tetep tanamin pikiran positif, kamu ada di dunia karna kamu punya makna
    bipolar ato nggak, gimana ya, itu cuma "status kesehatan" aja..
    kamu bakal tetep bisa nglanjutin hidup dan everything's gonna be OK...
     

Share This Page