Putus Sekolah, Apa yang harus saya lakukan?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Akhirul Fajar, 7 April 2015.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Assalamu'alikum.wr.wb
    Pertama2 saya mau Perkenalkan diri.
    Nama saya Akhirul Fajar, Usia 15 tahun.
    Lahir di Gresik 15.10.1999 , Anak ketiga dari Empat bersaudara.
    Saya Laki2 tunggal dikeluarga saya.

    TUJUAN HIDUP SAYA
    *HARUS MASUK PERGURUAN TINGGI, MINIMAL MENDAPAT GELAR S1
    *TIDAK AKAN MENIKAH JIKA PENGHASILAN KURANG DARI 10 JUTA/BULAN.
    *BAHAGIAKAN ORANG TUA
    *HIDUP MANDIRI.
    *MENJADI ORANG BERPENDIDIKAN.
    -JIKA SAYA TIDAK BISA MEWUJUDKAN PRINSIP HIDUP SAYA DAN MENCAPAI PUNCAK KEGAGALAN, SAYA BERANI BUNUH DIRI, SAYA BERSUMPAH.-

    Saya mau curahkan semua Problema Hidup saya ke teman2 semua.
    Saya Remaja 15 tahun yang sudah 2 tahun Putus Sekolah.
    Alasan Putus Sekolah karna masalah Keluarga (waktu itu gra2 bertengkar dengan ayah sya). Sejak saat itu kelas 6 SD ,saya mulai malas2'an untuk Sekolah, hingga tidak mau Sekolah lagi.
    Memang usia saya masih sangat muda, tapi saya lebih dewasa daripada anak2 seumuran saya.
    Saya tidak suka Merokok, bahkan benci.
    Saya tidak suka Pergaulan Bebas , Sex Bebas dan hal2 negatif lainnya yang mungkin sedang dialami oleh remaja seumuran saya.
    Saya tidak punya teman sama sekali semenjak orang tua saya membeli rumah. Dulunya saya mengontrak, dan punya banyak teman.
    Tapi saat ini tidak ada satu orangpun yang mau menjadi teman saya semenjak putus sekolah.
    Mereka berpikir bahwa saya Bodoh karena tidak sekolah, Mereka pikir saya Idiot , Autis, bahkan saya pernah dianggap orang tua saya sudah tidak waras.

    Saya ingin berteriak dihadapan mereka..!
    Saya tidak seperti yang mereka Pikirkan,! Saya Normal.!
    Saya punya Otak.
    Bahwa saya juga Punya Mimpi, saya punya Tujuan.
    Impian saya lebih mulia ketimbang remaja seumuran saya saat ini.
    Ketika anak2 muda jaman sekarang melegalkan Sex Bebas, Pergaulan yang Buruk demi kesenangan mereka yang semu. SAYA TIDAK MELAKUKANNYA.

    Saya mempunyai tujuan Hidup. Namun kenapa Musibah ini menimpa saya? Shaytan apa yang merasuki saya sehingga putus sekolah? Saya sangat menyesal.
    Dulu, saya berkeinginan sekolah yang setinggi-tingginya.
    Menjadi orang berpendidikan. Menjadi ayah yang berhasil.
    Tapi semua itu hanya kenangan.
    Ntah cobaan apalagi yang harus saya jalani dimasa depan.
    Akan jadi sperti apakah saya, bagaimana nasib keluarga saya.
    Saya benar2 tidak tahu.

    Saat ini, saya melanjutkan sekolah melalui Penyetaraan atau Kejar Paket.
    Tepatnya Paket B, dan itu butuh 3 Tahun untuk lulus, 3 tahun kedepan usia saya 18 tahun. Dan batas untuk masuk SMA SMK Formal adalah 17 Tahun. Jadi kesempatan saya untuk masuk kedalam SMA Formal sangat kecil. Sebenarnya saya sangat benci Mengikuti Kejar Paket ini.
    Meskipun ini termasuk Bersekolah, saya merasa Ilmu saya tidak bertambah. Ini sangat jauh berbeda dengan Sekolah Formal.
    Dengan tidak bisanya saya masuk SMA Formal di usia 18.
    Saya harus mengikuti Paket C. Namun saya ragu, bisa tidak Ijazah Paket C digunakan untuk Kuliah? Cukupkah Ilmu saya untuk Kuliah? Saya panik.

    Jika kebetulan ada teman2 yang berpengalaman di Bidang Pendidikan, Jika seandainya saya sudah Lulus Paket C , dan ingin melanjutkan Kuliah.
    Bagaimana Prosedurnya? Apakah Ilmu yang saya ambil dari Kejar Paket ini cukup untuk bekal Kuliah? Apa syarat masuk kedalam Perguruan tinggi?

    Saat ini, saya berkeinginan Kuliah di Jurusan Teknik Informatika, sesuai cita2 saya, menjadi Programmer.
    apakah mungkin?

    Sebenarnya masih banyak masalah lain dalam hidup sya, tpi tidak saya paparkan disini. Karna sya anggap sebagai Aib saya pribadi.
    Terimakasih
     
  2. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Saat ini , saya tidak melakukan kegiatan apapun keculia mengikuti Sekolah Paket.

    Orang tua saya bekerja sebagai Wiraswasta dengan penghasilan 500rb/hari.
     
  3. artha purba

    artha purba Member

    Sebenarnya kebanyakan orang itu pada picik,mandang sebelah mata aja. Dan apa yg kamu harus lakuin? Buktikan sama mereka kalau kamu bisa. Sekrang gini aja,banyak kok orng sekolah formal bahkan sampai sekolah elit tapi bagaimana kedepannya? Gk ada apa* alias gk jadi apa*. Mungkin emang ya kesalahan waktu putus sekolh tapi toh akhirnya kamu kejar paket kan? Itu juga usaha mu buat ngejar mimpi mu. Kalau kamu merasa kurang? Kenapa gk ambil bimbel di luar atau lebih enaknya lagi belajar lewat online. Searching aja mapel yg ingin kmu pelajari di internet. Toh sekrng kan internet lebh luas dan lengkap. Aku masih blm tau tentang bagaimana prosedur untk ke perguruan tinggi,tpi ada satu hal yg harus kamu tau. Kuliah dimanapun swasta atau negeri itu mah tetap gk pengaruh. Mau di univ terkenal dan mahal tpi kalau kamu malas dan tetap aja gk paham apa yg dosen kmu ajarkan sama aja percuma. Tetap semangat terus mencari ilmu itu hal yg harus kmu lakukan. Selain itu,jgn mudah menyerah dlm hidup lah. Cuma gara* gk bisa ngapai impian akhirnya kmu mau bunuh diri,sama aja perjalanan mu sia-sia,lebih baiknya punyk beberapa rencana cadangan karena terkadang hidup itu gk sesuai dgn apa yg kita inginkan.
    Semangat :)
     
    josh and tuty ghea like this.
  4. miss maya

    miss maya Active Member

    jangan mengukur kesuksesan dari pendidikan formal aja.. banyak orang-orang yang sukses malah hanya berijazah sekolah dasar.. usaha kamu udah baik.. kamu masih mau semangat untuk menuntut ilmu.. saya salut dengan kamu.. salut dengan semangat tinggi kamu... teruskan perjuanganmu...
    klo masalah umur untuk sekolah, menurut aq sih kamu masih bisa sekolah di sekolah formal meskipun umur kamu 18... kamu bisa masuk sekolah swasta.. banyak kok sekolah-sekolah swasta yang terbaik... kamu jangan patah semangat... jangan lupa untuk selalu bersyukur pada tuhan.. mintalah supaya segala apa yang kamu upayakan diberikan kelancaran.. hidup ini terlalu indah untuk di tinggalkan.. sebab banyak di sekitar kita orang-orang yang sayang sama kita... tetap berusaha untuk yang terbaik... be the best..
     
    tuty ghea likes this.
  5. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Thx , kamu admin disini ? kmu kq aktif bgt di stiap post?
     
    tuty ghea likes this.
  6. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Cara edit Thread gmana ini ? :(
     
    tuty ghea likes this.
  7. Anonymous1

    Anonymous1 New Member

    Sebaiknya kamu fokus dl dengan kejar paket kamu dan diharapkan bs lulus. Gw jg lg masa pengulangan dr kuliah yg gagal. Hidup memang gak ada yang pernah mulus
     
    tuty ghea likes this.
  8. tuty ghea

    tuty ghea New Member

    bukan sekolah yg menentukan kesusuksesan seseorang krn yg tdk skolah pun biisa sukses
     
  9. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Sekolah bukanlah kunci Kesuksesan?
    Tidak sekolahpun bisa menjadi sukses. ?
    Aahhh, cerita favorit motivator2 bisnis dan pemberontak2 yang
    bilang sekolah ga penting ^^
     
  10. Akhirul Fajar

    Akhirul Fajar New Member

    Sukses tanpa sekolah?
    Aahhh, cerita favorit motivator2 bisnis dan pemberontak2 yang
    bilang sekolah ga penting ^^

    Minat saya tidak sejalan dengan alasan sperti itu.
     
  11. artha purba

    artha purba Member

    Gak,asik aja lihatin dan main imajinasi 'jika itu aku' dalam setiap curhatan orang*
     
  12. adisti putri p

    adisti putri p New Member

  13. gladis

    gladis Member

    Lebih baik banyak bersyukur, intropeksi diri, n gak egois.
     
  14. imyoona

    imyoona Member

    mungkin masalahnya ada pada dirimu sendiri. seperti aku. aku pintar ia orang tua juga cukup mampu. percaya diri tentu.
    dan aku punya pemikiran yang hampir sama seperti kamu tidak suka perokok benci perokok. tidak suka pacaran dll.
    tapi ada satu hal yang aku takutkan takut akan masa depan. bisa kah aku menjadi wanita yang baik
    yang bisa mengapai semua cita-citaku.
    dan karena aku terlalu sibuk memikirkan itu akhirnya aku terlena dan berhenti sesaat.
    dan berhentinya diriku tentunya mempengaruhi pola cita-cita yang telah aku impikan.
    tapi jangan kuatir selama kita hidup kita masih bisa merubah cita-cita kita
    dan teruslah menjalini hidupmu untuk menggapai apa yang kamu cita-citakan dengan jalan lain.
    misal jika kamu gagal kuliah di teknik kamu bisa mengambil kuliah lain atau andai tidak ada biaya untuk kuliah kamu bisa coba membuka usaha. yang penting cita-citamu untuk bisa membahagiakan keluarga tercapai.
     
    josh likes this.
  15. Saat jalur biasa org lalui tak bisa kau lalui. Berjalanlah dijalan lain, bakhan saat tak ada orang lain yang berjalan dijalan itu. :)
    Keluarga bukan penghambat kesuksesan, pendidikan bukan patokan kesuksesan. Everyone can be success on their own way.
     
  16. josh

    josh New Member

    Huh ketemuan aja yuk
     
  17. Alakai

    Alakai Well-Known Member

    Woow easy man -_- lo kira bunuh diri itu seenak jidad lo ngomong -_____-

    G usah berprinsip begitu mas merugikan diri lo sendiri dan org lain disekitar lo

    Klo emang g bisa mewujudkannya ya berusaha trus dan jgn berprinsip dgn apa yg g bisa lo jangkau kecuali lo emang yakin lo bisa...

    Yg penting lo rajin dan mau berusaha gw yakin lo bisa ngebahagiain ortu lo dan org'' yg lo sayangin
     

Share This Page