s a h a b a t (baca yg ini)

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Tidak diketahui, 11 March 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Tidak diketahui

    Tidak diketahui Active Member

    jadi gini.. gw punya temen waktu sma, kalo bisa dibilang deket sih lumayan deket.. bahkan sering ngumpul juga sama dia dan temen kita yg lainnya juga.. temen gw ini anggep aja si Y.. Y ini pas di sma, dia itu aktif organisasi banget, gw ga sekelas sama dia, gw ipa dia ips.. si Y itu bisa dibilang banyak temen dan kenalan nya di sekolah, mulai dari kakak kelas sampe ke adek kelas.. si Y juga punya temen deket juga dikelasnya.. di tempat ekskul pun juga lumayan kenalan dia.. intinya Y itu banyak kenalannya/temen deketnya..

    saat sma si Y ini sering beberapa kali minta pertolongan gw, entah itu minta temenin dia atau hal lainnya.. minta temenin sih ga masalah.. cuman dia kadang kalo gw nya gabisa dia suka rada maksa.. atau gak minta temeninnya kebablasan*gak inget waktu*

    secara personal gw sih.. gw gak ngerasa terlalu klop/ nyaman sama si Y ini.. karna sifat dia juga gua kurang suka.. tapi gw masih bisa deket malah bisa dibilang sahabatan sama dia.. tapi sekalinya sering bareng atau ketemu suka males dan kesel aja kadang"

    sekarang gw udah kuliah, si Y nunda setahun buat kuliah.. gua temenan sama Y ini sama satu lagi sahabat gua sebut aja D.. nah kalo sama si D ini gw udah deket banget kalo bisa dibilang klop banget dah.. dan gw juga udah deket dari smp..

    jadi permasalahannya itu.. sejak udah lulus sma si Y ini kabarnya jarang ada.. engga kayak si D dia masih suka ngechat gw walau hal yg ga penting amat.. dan sekalinya si Y muncul atau ngechat itu pasti karna ada maunya, atau bisa dibilang mau minta tolong sesuatu.. entah itu ke gw maupun ke si D juga.. lama kelamaan gw sama si D kesel juga sama Y karna dia dateng kalo ada maunya doang.. akhirnya gw sebagai temennya negur dia.. gw udah bilang kalo Y bisa chat atau curhat atau apa kek ke gw atau D yang ga berkaitan dengan minta tolongnya.. gw juga udah bilang ke si Y kalo dia itu dateng pas butuh doang/minta tolong doang.. terus dia beralasan kalo ga mau ganggu gw atau pun D yg lagi sibuk kuliah atau tugas.. tapi gw tekenin lagi malah kalo si Y dateng pas butuh doang kan malah parah kan.. dan lagi yg gw bingung Y ini minta tolong ke gw atau D terus.. btw gw sama D beda kampus

    maksud gw cerita soal Y kalo punya banyak kenalan yg di paragraf atas tuh maksudnya.. kenapa sih diantara semua temen"nya itu atau kenalannya itu minta tolongnya ke gw lagi atau ga ke D lagi..

    kalo kalian kepo minta tolong apa.. sebenernya minta tolong dia kadang nyusahin, kadang ga masalah.. kayak gw kan punya print di rumah, si Y minta tolong buat printin sesuatu.. gw sih ga masalah printin doang mah.. tapi yg jadi masalah Y minta tolong editin juga.. minta tolong ketikin dulu.. itu salah satu nya dan yang paling simpel.. gw sebagai orang yang engga enakan sama temen.. gw selalu bantu si Y selagi gw bisa.. dan rata" gw bantuin terus.. dan lagi gw selalu berfikir kalo bantuin orang itu sama aja bantuin diri sendiri dimasa kelak atau masa yg akan datang secara ga langsung..

    tapi karna dia masih aja dateng cuman ada butuh nya doang terus.. gw lama lama juga kesel dan pengen Y itu sadar.. seengganya hubungin gw jangan pas ada butuh doang.. dan minta tolongnya juga jangan maksa.. gw pengen Y berubah gitu.. makanya ini gw udah beberapa minggu ini gw selalu tolak terus permintaan dia.. sampe terakhir dia minta tolong nya mau minjem duit gw.. yang mau dia pinjem ga banyak sebenernya.. dan gw sebenernya jg pengen minjemin juga karna gw masih ga enakan buat ga bantuin temen.. tapi di satu sisi gw juga udah sejauh ini nolak permintatolongan dia.. gw pengen dia sadar.. tapi kayaknya gak sadar sadar juga sampe sekarang..

    gw bingung harus gimana.. kalo gw iyain terus tiap Y minta tolong kan enak di si Y nya.. ntar dia juga kebiasaan minta tolong ke gw terus.. tapi kalo gw enggain terus gw nya juga makin ga enak dan ya gw bukan tipe orang yg pelit dimintain pertolongan.. jadi gwnya kayak ngerasain aja gitu rasanya ga ditolongin sama orang..

    tolong beri pendapat kalian.. gw harus gimana sama si Y ini..
     
  2. Tidak diketahui

    Tidak diketahui Active Member

    tolong kasih pendapat nya dong..
     
  3. juzie

    juzie Well-Known Member

    jgn minta si Y berubah klo kamu sendiri belum bisa tegas sama dirimu sendiri. klo dia minta tolong ya tolongin aja tp klo kamu merasa dipersulit ya bilang ke doi. misalnya si Y minta tolong diprint kan, ya kamu nanya itu udah diketik bagus atau nggak, klo km ga mau disuruh editkan atau ketikkan ya kamu bilang aja "sorry, saya ada kerjaan juga, kamu aja yg ketik dlu sampe bagus ntar saya printkan..."
    klo kamu terus" aja ga enakan lah, apalah... ya bakalan terus si Y kayak gitu sama kamu jadi terima aja selama kamu terus"an kayak gitu
     
    yerazogh likes this.
  4. crowna

    crowna Active Member

    Ya krna kmu buka celah utk si Y terus2an mnta tlg sama kamu, coba sekali2 tolak. Kalo marah, ya sudah. Maksudnya, teman tipe bgitu itu tdak akan nguntungin kamu. Bkan berarti saya blg setiap hubungan itu harus ada dasar menguntungkan, nggak. Tapi hub yg baik itu ada take and give yg sepadan. Ga semuanya berbentuk materi.
    Bisa aja, kamu mgkin pnya materi lbih tp temenmu lbih g pnya sedangkan dia slalu pnya waktu buat kamu dan kmu nyaman aja dlm hal ini, shg km g masalah ktika dia mnta tlg yg sifatnya lbih k mteri yg g memberatkan kmu.
    Tp klo sudah jelas dia dtg pas butuh yaa...dripada g ikhlas, mnding batasi interaksimu dgn dia.
     
  5. kuro

    kuro Active Member

    berani katakan tidak ya sama hal yang menurut mu gak baik
     
  6. PRADA

    PRADA New Member

    maklumin aja, itung2 amal, pahala loh gan bisa masuk surga hehe

    emang ga enak sih, ya tapi gimana lagi
     
  7. Tidak diketahui

    Tidak diketahui Active Member

    waktu itu mah aku selalu tolongin Y dan kalo emang ga bisa aku bilang lagi ga bisa, masalahnya kalo aku ga bisa dia rada suka maksa.

    iya udah 5 kali dia minta tolong aku tolak terus dan sampe sekarang dia kayaknya udah mulai sadar kalo aku ga terlalu suka sifat dia yg gitu, minta tolong mah boleh aja tapi ini dia selalu dateng ada maunya mulu kan kesel juga

    iyaa betull cuman pengen si Y sadar aja gitu wkwk
     
  8. LittleKangaroo

    LittleKangaroo Active Member

    Saya seneng kalo dimintain tolong sama temen wkwkw setidaknya saya dianggap berguna dan diinget ketika dia butuh. Tapi kalo kamu gak nyaman dia kayak gitu, langsung ngomong aja didepannya.
    "eh tolong editin sama print in dong"
    "ah lu minta tolong sama gua mulu. Dateng pas ada maunya doang. Kalo mau bayar 100 rebu"
    Ntap creativepreneur
     
    Tidak diketahui likes this.

Share This Page