Gw mesti gimana guys?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Hestie, 21 September 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Hestie

    Hestie Active Member

    Hi semua....
    Gw berharap setelah baca cerita gw, kalian bisa kasih masukan/solusi soalnya gw sangat² pusing dengan keadaan dan posisi serta tindakan bijak apa yang harus gw lakukan.

    Langsung aja ya....
    Jadi setelah bokap gw meninggal gw dihadapin berbagai persoalan salah satu nya soal adek² cowok gw, yg 1 umur 21th 1 nya lagi 19th.
    Yg umur 19th dia jatoh ke dunia "Ngelem" akibat ulahnya ini dia jadi suka mabok dan nyolong, dari bokap masih hidup udah sering banget diusahain ini itu supaya bisa balik tapi nyata'nya kaga, dari masuk ke panti rehab (terus dia kabur), dirantai (didatengin sama petugas apa gtu bilang kaga boleh digituin), dimasukin ke RSJ, dimasukin ke penjara, ga ada jerah²nya kaia udah kecanduan gitu. Sekarang bokap dha meninggal, tapi dia masih berulah sampai terakhir kali kemaren nyolong tabung Gas nya orang subuh² ketahuan terus dibawa kekantor polisi, alhasil dia masuk penjara. Didalam penjara kata dia dikasih makan nasi basi (jadi cerita'a tiap minggu dia bisa ngasih kabar ke kita pke sms gtu, kata dia itu HP di rutan buat pke rame²) mungkin udah kaga kuat kali jadi nya minta tolong sama kami buat ngasih dia duit jajan, kami masih ngasih emang ga banyak cuma 100 atau 200rb perminggu. Sebenarnya dia udah bikin banyak ulah, kerja kaga mau (ga begitu bisa hitung juga soalnya cuma SD kls 4 doank, karena ngelem jadi ga sekolah), dlu pernah ama laki gw disuruh bantu² dirumah makan mertua gw, tapi lagi² dia bikin ulah berantem sama karyawan mertua sampai tuh karyawan keluar, terus diem² dia juga ngelem. Akhirnya dia keluar dari tempat mertua, terus gw masih usahain dia kerja ditempat lain, udah dapet kerja -+ 3 bulan keluar karena bikin ulah, ngelem juga. Akhirnya gw suruh dia balik kampung karena gw pribadi ga bisa nolong lagi, gimana mau nolong dia nya juga ga niat buat berubah gw pribadi juga udah berkeluarga. Waktu itu gw lagi hamil, sekarang dha melahirkan.
    Sekarang gw ada rasa khawatir sama masa depan adek gw ini, gw takut kalau dia jadi gila misalkan ga bisa lepas dari kecanduan Ngelem.
    Kalau gw masukin ke panti rehab, biaya 1 bulan 2jutaan. Gw jujur aja ga mampu.
    Keluarga bokap juga bukan orang berada jadi ga bisa nolong kalau soal materi.
    Tapi yaitu mereka suka ngata²in gw, bilang yg ga baik Ninggalin adek² dikampung begitu aja.
    (Gw juga sebenarnya cukup sakit ati sama keluarga bokap gw kerjanya cuma bisa ceramah terus muji² anak nya n banding²in kita orang, pura² bilang kasihan tapi ga ada bantu secara nyata)
    Gw sebenarnya bukan ninggalin mereka guys, gw sayang sama mereka, tapi mereka ga pernah mikirin masa depan mereka sendiri.
    Dulu gw pikir asal tiap bulan gw kasih uang buat makan mereka, seenga'nya mereka akan lebih baik. Nyatanya egga, bikin ulah mulu. Duit lebih banyak buat beli lem sama rokok terus yg umur 21 tahun itu manfaatin gw ama adek cwek gw. Waktu gw melahirkan aja dia maki² minta duit, dia yang butuh tapi galakan dia.
    Tiap telpon atau sms selalu ngasih kabar jelek kalau ga ya minta duit berkedok pinjem, ga pernah yang bagusan dikit.
    Gw tipe orang yang mudah stres, pengennya ga mau mikirin mereka tapi hati nurani gw ga bisa.
    Sebenarnya gw sama sekali ga cinta duit, gw mau kok ngasih adek gw duit. Tapi masalahnya ngasih duit ga bisa ngedidik orang utk jadi lebih baik guys.
    Kaianya segala cara udah gw lakuin tapi nyatanya ga nyadar² juga mereka, gw mesti gimana guys??? :'(
     
  2. RumputLiar

    RumputLiar Active Member

    Sori, cuma bisa nyimak. Semoga teman lain bisa kasih masukan.
     
  3. Hestie

    Hestie Active Member

    Iya thx ya...
    emang agak berat persoalan ini.
     
  4. Susiana

    Susiana New Member

     
  5. Susiana

    Susiana New Member

    Jika mb dan adik mb beragama islam, Kalau menurut saya adiknya mbak itu perlu pelan pelan diajak ngaji, ngajinya ke ustad2 yang mungkin lagi trend saat ini, ustadnya anak anak muda seperti ustad abdul somad, kl ga bs krn jauh mgkin sering lihat videonya gitu, ustad yg dulunya preman skrg jadi baik ada jg di youtube banyak, perlahan lahan di dekati, terus jangan lupa doakan terus dia setelah setiap selesai sholat, minta diberi hidayah dan petunjuk, krn Alloh sangat mudah dan gampang membolak balikkan hati manusia
     
    Venna Asha H. and mulan safitri like this.
  6. Hestie

    Hestie Active Member

    Sebelumnya makasih ya utk masukannya,
    Kebetulan saya non muslim.
    Selama ini sudah doa sesuai ajaran yg sy anut, sy percaya suatu hari dia bisa berubah hanya saja kadang sbg manusia saya punya rasa ke khawatiran.
     
  7. Titus72

    Titus72 Member

    Klo bisa dibina, di bilangin, ya monggo, tapi klo sudah tak bisa di bina, pilihan terakhir binasakan saja ..
     
  8. suleamanchand

    suleamanchand Active Member

    saya turut prihatin dengan kondisi ini.

    Karena yang saya tahu dan rasakan ketika ngelem itu bikin jiwa melayang layang, lupa sekitar, itu pernah saya alami ketika saya bekerja di pabrik pembuatan alas kaki. Bahkan teman kerja ada yang kecanduan hingga dia bawa bawa lem dalam botol kecil untuk di hirup setiap harinya. Tapi setelah berkeluarga, dia memutuskan untuk berhenti meski agak sulit tapi dengan kemauan dan dorongan keluarga menjadi terealisasi.

    Memang susah untuk merubah kebiasaan seseorang tanpa disertai keinginan dari orang tersebut.. Apalagi perihal ngelem, mabok yang sudah kecanduan, dan dengan kondisi dia yang tidak mau bekerja, maka alternatifnya ya mencuri..

    Memang serba salah ketika diposisi seperti anda. Kasih uang, pasti uang tersebut hanya untuk pake ngelem dan mabok, ga di kasih dibilangnya ga memperhatikan atau apalah...

    Semoga, bisa menemukan solusi terbaik.
     
  9. Niki Dios

    Niki Dios Active Member

    dlu gw jg prnah ngelem. wktu itu lg bikin prakarya bareng tmn2 yg pngrjaannya membutuhkan lem ***o*. Krna kami penasaran, dicoba lah itu lem. nunggu bbrp saat, malah kagak mabok2, yaa mngkin krna butuh waktu yg lama biar efeknya terasa, brhubung kami g sabaran, pengennya cepet2 n dg cara instan, wkwk.. jadinya malah kagak mavok, :D dan kami smua ktawa bareng krna misi yg gatot :D

    hukum dibuat agar trcipta efek jera, tp klo dihukum pun blm jera, minta kpd Tuhan utk mnyadarkannya.
    sya g tau di tmpat rehabilitasi ada psikolog/bimbingan spiritual atau ngga. biasanya mabok mnjadi bntuk pelarian mreka. yg prlu kita tanamkan pd mreka adalah bhwa mreka ini dibutuhkan, mreka bukanlah sampah, pnghargaan pd diri sndiri mnjd grbang prtama mmbangun kmbali mental org2 yg kcanduan.
     
    Venna Asha H. likes this.
  10. Hestie

    Hestie Active Member

    Kalau itu terjadi kepada saudara anda, apakah segampang itu mengucapkan "dibinasakan" ?
     
  11. Hestie

    Hestie Active Member

    Ya memang betul bahwa ngelem itu bentuk pelarian dari masalah yang ga bisa dibendung lagi, krn kondisi keluarga saya juga bisa dibilang kurang baik.
    Alm papa sy juga kadang kala terlalu memanjakan, jadi nya begitu, pas ketahuan ngelem juga dia nya udah berada dikondisi yang "kecanduan" sehingga upaya² yg dilakukan juga sia².

    Jujur aja kdg ingin marah dengan keadaan seperti ini, kdg sy mengkhayal andai aja sy hny sendiri atau 2 bersaudara saja dg adik cewek saya, iya... semua hanya khayalan sy yg ga bakal terealisasikan. :'(
    Tapi kadang sy juga bisa mikir, kalau saya ga punya saudara yg (maaf) rusak kaia bgtu mgkn sy ga akan pernah serius utk betul² ngedidik anak aq sedari kecil. Anak butuh kasih sayang, dorongan dan keluarga yg nyaman supaya bisa tumbuh menjadi anak yg "normal".

    Sekarang sy hanya berharap minimal dia tidak gila.
     
  12. dreamhigh

    dreamhigh Active Member

    Tetap di ingatkan serta di bina, tak ada usaha yang sia dan selalu di doakan inshaAlloh semua bisa balik ke normal.

    Tapi ts nya juga gak bleh stres yah, mudah2an segera di berikan jalan keluar.
    Amiin
     
  13. Hestie

    Hestie Active Member

    Sepertinya belum muncul tanda² jera krn didlm penjarapun dia masih bs tlp dan minta uang sama kami, karena sejatinya klu org bisa mikir dan berubah setidaknya pasti mau menanggung konsekuensi apapun ga nyari² orang utk ngebantuin dia. Toh bukannya kehilangan nyawa kan???
    Hanya kondisi yg tidak enak, seharusnya dia bisa mikir bahwa apa yg dia perbuat baik buruk semua ada konsekuensi nya dan dia hrs mau terima itu semua.
    Apa krn umurnya yang masih belum dewasa??? Mungkin juga.

    Hampir setiap waktu saya sllu bawa nama nya didalam doa saya agar betuk² bs berubah, secara pribadi saya tak punya kemampuan utk membimbing hati yg sekeras itu. :'(
     
  14. Niki Dios

    Niki Dios Active Member

    aamiin.
     
  15. Hestie

    Hestie Active Member

    Ada baiknya memang hra dikontrol, hny saja ga mgkn kan kuta bs mengontrol diri ssorg 24 jam? Semua balik lagi ke diri dia masing² apakah ingin berubah atau tidak.
    Saya kadang mikir, sy selalu mikirin masa depan dia tapi nampaknya dia tak pernah memikirkan masa depannya sendiri. :'(

    Doa juga sudah sering saya panjatkan, tidak untuk melepaskan dr masalah ini tapi utk Tuhan berikan saya kekuatan agar bisa melewati ini semua begitu juga adik saya. Minimal dia tidak gila dan tidak menjadi orang jahat saya sudah sangat² bertrimakasih.

    Begitulah masalah dikeluarga saya, diluar sana banyak sekali orangtua yg menuntut anaknya supaya menjadi ini itu seperti yang mereka inginkan padahal anak mereka tidak "rusak" anak mereka "normal" sejatinya manusia biasa pada umumnya. Bersykurlah karena kalian disini (jikalau ada) yg tidak mempunyai saudara/keluarga seperti adik saya, karena akan sangat² makan hati sekali diposisi seperti saya ini.
     
  16. Titus72

    Titus72 Member

    Tergantung yg di bina kan. Klo bisa di bina, ya diajari sampe bisa , klo tetep gak bisa ya di binasakan (sudah biarkan aja ) bodo amat mikir org lain, yg gak mikirin lo..
     
  17. suleamanchand

    suleamanchand Active Member

    kalau sekedar berbicara sih gampang ya, dibiarkan saja, ga usah dipikirin, Tapi nyatanya tidak semudah itu, anda akan merasakan sakit ketika banyak orang yang mengatakan tentang hal ini. Meski diri sudah mencoba untuk tidak mempedulikannya, tapi dia adalah keluarga. baik buruknya tetap membawa nama keluarga.

    Siapa sih orang yang ingin melihat anggota keluarganya hancur, sebenci bencinya kita terhadap keluarga, tapi tetap saja tidak tega ketika melihat saudara kita susah. terjerat kehidupan gelap. kecuali hati kita memang sudah tertutup.
     
  18. Kalajengking

    Kalajengking Well-Known Member

    kayaknya hampir di setiap keluarga ada minimal satu anak yg "trouble maker"
    dan juga ada minimal satu anak yg bisa dibilang paling sukses dan jadi "hero"
    btw... saya trouble maker di keluarga saya... wuahaha
     
    Venna Asha H. likes this.
  19. Hestie

    Hestie Active Member

    Kadang juga pgen ga peduli, tapi hati aq ga bisa. Kadang mau ngambil keputusan betul² ga mau mikirin dia, memang kadang ada benar nya juga apa yg kamu bilang "bodoh amat mikir org lain, yg ga mikirin lo"
    tapi aq justru gpp lu ga mikirin gw, asal lu bisa mikirin diri lu sendiri, masa depan lu, hidup lu, minimal jadi orang "normal" gw udh bener² bersyukur. Btw thank u yaaaa
     
  20. Hestie

    Hestie Active Member

    Bener banget... apalagi klu dia bikin ulah (masuk rumah tetangga, nyolong ini itu) pasti tetangga pada nyari nya keluarga kami, ntr dr salah 1 anggota keluarga (tante) bakal tlp ke kami soal ulah dia, udh bener² muak bgt sebenarnya, tetangga jg pd ga suka (yaialah siapa jg yg bs suka sama org kaia bgtu) ngusir dia disuruh kita bawa ke jakarta aja, lah dijakarta emg dy ga bakal berulah? Justru dikampung kami pny rmh jadi dia pny hak tinggal disitu... kl dijakarta rmh ga punya mau ngekos juga ntr bkin ulah (udh pernah ngekos & bener dia bikin ulah ngelem trs keluar ga nutup pintu) pokoknya udh cape bgt ngurusin dia, ditambah omongan² dr paman yg ga ada ngebangun²nya sama sekali cm bs tambah nyalahin kami kdg gw pgen mati aja rasanya, knp beban ini hrs gw yg nerima? Iya kl gw yg bkin ulah gpp gw terima, bukan gw yg bkin ulah tp gw yg disalah²in. Apalagi kl smpi suatu hr dia gila krn kecanduan lem, kata kasarnya kalau mati masih mending lgsg kubur aja udah kan. Klu gila hrs msk RSJ (butuh duit aplg dia bru 19th) pasti GD bgt utk bayar biaya di RSJ itu, tar udh mending dikit keluar RSJ tar kambuh bkin ulah lagi, tar msk lg, tar keluar lg. Begitu seterusnya??? Kapan gw bs damai kl ngurusin bgtuan mulu? Gw juga butuh kedamaian. Gw minta tolong bantu doain keadaan adek gw, moga ini cuma ujian aja utk keluarga gw. Moga suatu hr dia bakal balik jd manusia "normal".
    Amin
    Btw Thank u bgt yaaa udh mau nyimak dan balas curhatan gw.
     

Share This Page