Tukang bangunan... Apa semuanya begini?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Shadow, 23 May 2018.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Rumah saya sudah rusak (bocor,bolong,retak,lapuk). Jadi keluarga saya memutuskan untuk panggil tukang bangunan, untuk memperbaiki rumah saya.

    Tapi baru 3-4 kerja dia sudah mulai sering "bolos" kerja. Dan kalau lagi ga diawasi ayah saya, mereka ga kerja (cuma ngobrol). Lalu pada suatu ketika si tukang menghilang... Raib, ditelan bumi.

    Ga ada kabar sampai sekarang. Lalu karena rumah jadi lebih parah dari sebelumnya (sudah dibongkar sebagian) keluarga saya memanggil "tukang bangunan" lainnya.

    Dan hal yg sama terulang, bahkan lebih parah. Baru 1 hari kerja. Besoknya mereka minta ijin dan ga balik lagi...

    Jaman dulu waktu saya kecil juga, pernah ada. Kami menyewa tukang sekitar 6 orang, tapi mereka cuma ngobrol aja (80%). Kerjanya kalau udah dimarahi...


    Astaga.... Astaga. Lagi.... Kenapa sih kok mereka begitu? Padahal keluarga saya itu udah baik benget loh ke mereka.

    Datang pagi udah disediakan sarapan, kopi, teh, camilan. Boleh istirahat siang sambil ngerokok dan minum kopi dan camilan. Sore juga kalau ayah saya udah pulang kerja selalu bantuin mereka (angkat2 barang)

    Bahkan kalau si tukang mengeluh ga punya uang. Suka dikasih lebih sama ayah saya.

    Tapi kenapa mereka semua malah kurang ajar? Ninggalin kerjaan seenaknya.

    Pertanyaan saya: apakah memang semua tukang seperti itu? Seenaknya aja...?

    Kira2 kalian tau ga... Daerah mana yg punya "tukang bangunan" yg bagus, baik, bertanggung jawab? Misalnya para tukang bangunan dari daerah Garut atau tukang bangunan dari daerah Surabaya...
     
  2. Wulandary

    Wulandary Active Member

    Ga semua tukang bangunan kek gitu sih. Yaa aq juga ada pengalaman sama tukang bangunan yang sejenis itu, jadi dia lg ngerjain rumah aq, eh dia ada job dadakan dari tetangganya trus dia ijin ga masuk 3 hari katanya ada urusan keluarga di kampung, ga tau nya dia ngerjain job dari tetangganya itu. Bagi keluarga aq TB kek gitu langsung masuk blacklist aja.

    Tapi aq kok tukang bangunan yg bener ngerjainnya, dia fokus, terampil dan cepet dalam pengerjaan, trus estimasi perkiraan kebutuhan bahan dan biaya yang dia ajuin selalu ga jauh beda dengan kebutuhan aslinya. Keren, nah tukang bangunan yg kek gini keluarga aq nemunya pun ga sengaja karena tetangga aq pake dluan si bapak ini, kami amatin kerjanya bagus banget efisien tenaga dan waktu, trus kami berniat pake si bapak buat ngerjain rumah kami, ekhh busyeet mesti ngantri dlu, soalnya TB yg bener kek gini udah dibooking banyak org dari jauh-jauh hari, full terus dia jadwal kerjanya padet, beres dari 1 rumah pindah ke rumah lain.

    Jadi untung-untungan sih bisa nemuin TB yg bener profesional kerjanya.
     
  3. Talita

    Talita Well-Known Member

    Km bayar mereka harian atau borongan?kalau ada pengalaman gak enak kayak gitu,mending diskusikan k kepala tukang kalau km mau bayar borongan saja.kalau harian,mereka bs ngobrol ngobrol aja atau sok sok lambat kerja.

    Kalau ada tetangga yg baru bikin rumah dan hasilnya bagus,bs minta rekomendasi tukang k mereka daripada salah milih mulu.

    Dan terpenting,d awasi terus jangan ada yg banyak ngobrol.
     
  4. Astra Jingga

    Astra Jingga Active Member

    Pengalaman pribadi ya... Itu nyewa tukang tanpa ada mandor nya ya?

    Kalo mau nyewa tukang, sewa dulu mandornya yang kira2 bisa dipercaya. Biar dia yang milih dan bawa anak buahnya sendiri nanti untuk kerja, karena yang benar2 bisa kita pegang saat ada masalah adalah mandor.
     
  5. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Wah, berarti untung2an ya... Tukang bangunan yg terbaru ini juga dapet dari tetangga. Ya tapi begitulah ga "hoki"...
     
  6. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Harian... Karena dulu pernah yg borongan tapi bahkan sampai udah lewat tenggat waktu tetap belom selesai. Ditambah keluarga saya ga punya banyak uang buat bayar borongan.

    Beberapa bulan lalu ada tetangga (beda beberapa rumah) kerjanya cepet, kelihatannya juga hasilnya bagus. Eh. Tapi ayah saya ga mau nyewa mereka, dan akhirnya pekerja tsb, udah selesai dan ga tau udah kemana.

    Lalu beberapa minggu lalu ada tetangga saya (sekarang tetangga sebelah). Setelah saya marahi ayah (karena dulu ada pekerja bagus tapi malah ga mau), dan karena rumah semakin "hancur" (udah dibongkar sebagian). Akhirnya ayah, coba bicara ke si tukang dan katanya mau kerja di rumah. Tapi ternyata... Kerjanya ga terlalu rapi, lambat, dan sempat "ngilang" juga :emoji_persevere:
     
  7. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Mandor ya... Iya nanti saya akan coba bicarakan ke ayah saya... Semoga aja mau denger. :)
     
  8. Astra Jingga

    Astra Jingga Active Member

    Yep, jadi yang harus kita pegang dan tegur kalo ada apa2 cuman 1 orang, gak harus urusan sama masing2 pekerja. Jadi gak terlalu repot ke kitanya, begitu kira2 ^^
     
    Shadow likes this.
  9. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Saya udah bilang ke ayah. Tapi tanggapannya cuma: "udahlah ngapain pake mandor segala! Cuma tambah buang2 uang.."


    Haaah.......... Capek ngomongnya... Semua saran dan ide udah saya utarakan, tapi ga ada 1 pun yg diterima...


    Ngomong2 makasih sarannya :)
     
  10. Talita

    Talita Well-Known Member

    Apa rumahmu udah rusak parah hingga para tukang tukang pada ilang?seharusnya meski rusak bagaimanapun,tukang bs perbaiki.

    Coba pas ada tukang baru,tanyakan apa yg akan mereka lakukan untuk memperbaiki rumahmu.kan pasti mereka jelaskan nanti A,B,C.

    Sebaiknya memang pakai mandor supaya ada yg arahin mereka :) tapi kalau papamu gak mau,bs kalian awasi saja.
     
    Shadow likes this.
  11. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Awalnya sih cuma genteng bocor (di ruang tamu dan ruang keluarga). Lalu dipanggilah si tukang bangunan "ke 1". Kan dibongkar gentengnya, eh... Tapi ternyata, kayu2 yg buat menopang atap (genteng) udah lapuk dimakan rayap. Jadi si tukang nyaranin buat ganti semua kayu2 di rumah.

    Dan karena memang takut runtuh, jadi ayah saya setuju aja. Tapi ternyata si tukang bangunan "pertama" itu orangnya licik. Dia minta bahan bangunan A,B,C,D,E,F,G... Padahal yg dia mau kerjakan cuma yg A... Kalau ga dipenuhi permintaannya (ga dibeliin B,C,D,E,F,G) dia ga mau kerja.

    Lalu setelah itu, yg parah... Dia malah ngecat rumah.... Dengan keadaan rumah masih berantakan, berdebu, bocor. Astaga.... Dan akhirnya, hasil cat dia kan jadi jelek dan rusak karena "masih" kena air hujan, kena debu...

    Tapi ayah saya masih sabar, lalu setelah beberapa hari si tukang bangunan "ke 1" minta cuti. Karena mau bantu temannya jualan hewan ternak (ngomongnya cuma seminggu). Tapi dia ga pernah balik selama sebulan lebih.

    Lalu setelah itu dia balik lagi dan mengerjakan selama beberapa minggu. Eeh.... Tapi ternyata, dia minta cuti lagi. Katanya dia dapet kerjaan lain. Dan berjanji mau kerja gantian (maksudnya 3 hari di rmh saya 3 hari di tempat lain).

    Karena si tukang "ke 1" ini ngakunya ga punya uang. Diberilah izin 3 hari kerja di rumah saya dan 3 hari cuti... Tapi nyatanya sampai sekarang ga pernah balik, batang hidungnya pun ga ada. Di sms ga dijawab, ditelepon ga aktif, bahkan waktu terakhir nomor tlp tidak terdaftar.

    Setelah beberapa bulan yg sangat menyengsarakan hidup kami sekeluarga. Rumah "terbuka" dindingnya, angin dingin (ditambah dulu waktu musim hujan) masuk ke rumah, sekeluarga semuanya jadi sakit (gantian) karena masuk angin, rumah jadi berdebu super hebat, ada nyamuk tiap detik. Bahkan ada kecoa jatuh (lebih dari 5) waktu saya lagi tidur...

    Akhirnya kami sepakat buat cari tukang bangunan baru. Lalu ditemukanlah tukang bangunan "ke 2"... Awalnya dia biasa aja, kerjanya ok, walau agak lambat. Tapi baru hari ke 2 kerja (setengah hari) dia minta Izin mau ke pegadaian.

    Tapi ternyata abis itu, dia ga balik lagi. Dan besoknya baru minta maaf (pakai berbagai alasan). Bahkan minta izin buat cuti besoknya :emoji_expressionless:


    Maaf, saya malah jadi curhat panjang lebar begini T_T

    Iya nanti ayah mau suruh saudaranya buat ngawasi tukang bangunan. Mudah2an bisa ya... :)
     
  12. AnotherName

    AnotherName Active Member

    Bukan tukang bangunan. Tapi orang indonesia yang gitu. Orang indonesia itu emang etos kerjanya rendah, kalo kerja hasilny ga rapi juga. Kalo udah pernah ke luar negeri terus balik ke indonesia pasti tau itu.
     
    Shadow likes this.
  13. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Harus gimana ya...c Biar para tukang bangunan, bisa "semangat" kerja...
     
  14. Astra Jingga

    Astra Jingga Active Member

    Memang harus diakui kalau etos kerja orang Indonesia 'sedikit di bawah rata-rata'. Tapi men-generalisasi semua orang Indonesia memiliki etos kerja 'sedikit di bawah rata-rata' juga rasanya nggak fair. Kalau semua tukang bangunan kita seperti itu, yakin repot kita, dan pembangunan negara kita nggak bakalan sampai sejauh... anggaplah, 5 atau 6 tahun ke belakang.

    Walau belum banyak jumlahnya di banding orang-orang kebanyakan, kita tetap punya orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi dan kejujuran yang nggak bisa dipandang sebelah mata, sayangnya, keberadaan mereka memang kurang tersebar secara merata di wilayah negara kita.

    Dalam hal ini, termasuk tukang bangunan.

    Saya bisa bilang begitu, sebab saya pribadi sedang mengerjakan proyek konstruksi kecil2an (bukan milik saya sih, milik orang lain, saya hanya bertanggung jawab merencanakan, mengawasi pengerjaan, dan sekaligus admin), sekarang sudah berjalan 12 minggu, dan semua oke2 aja. Tim saya kecil, hanya ada 1 mandor dengan 2 tukang dan 3 laden. Dari h 0 sampai sekarang, pekerjanya hanya yang itu-itu aja, dan hasil kerja mereka oke, karena ke-2 tukang sudah berpengalaman bekerja di proyek-proyek besar terutama di daerah Bandung, seperti membangun mal & perumahan elit, begitu juga dengan laden2 nya.

    Yang saya pegang sebagai pengawas hanya mandor. Dia cukup pro dan berpengalaman, sebab pernah menjadi mandor di sebuah perusahaan konstruksi besar. Sementara yang tukang dan laden, adalah anak buahnya, jadi dia yang atur mereka, berdasarkan rencana kerja yang saya buat.

    Jadi kesimpulannya, mandor yang sudah punya anak buah dengan referensi kerja di proyek besar biasanya pro dan bertanggung jawab. Mereka sudah terbiasa dengan deadline, dan si mandor biasanya juga mampu membuat RAB dengan taraf tender berdasarkan kerangka acuan yang ditetapkan pemerintah.

    Dan kenapa acuan saran saya mandor? Sebab yang saya tahu, tukang & laden yang bagus biasanya sudah jadi anak buah mandor yang bagus, dan mandor yang bagus biasanya sudah mengetahui kemampuan masing-masing anak buahnya. Jadi kalau mau menyewa tukang, sebaiknya berkonsultasi dengan mandor terlebih dahulu (walau kita mungkin tidak akan mampu mempekerjakan si mandor), apa adanya lah, dia juga biasanya mengerti kalau kita hanya punya dana untuk menyewa tukang (tukang dengan mandor gajinya beda 2 level, sebab secara teknis di atas tukang masih ada kepala tukang, baru mandor). Hal ini juga untuk mengurangi resiko kita ditipu laden yang ngaku2 tukang kalau kita ngobrol langsung sama mereka (banyak kejadian, btw).

    Begitu kira2 penjelasannya, semoga bermanfaat.

    *Laden > asisten tukang yang belum berkualifikasi jadi tukang, jadi kalau dia ngaku 'tukang' berarti 'tukang abal2'.
     
    Shadow likes this.
  15. Astra Jingga

    Astra Jingga Active Member

    Kalau hanya untuk menyemangati, bisa dikasih bonus kadang2. Nggak usah terlalu besar, misalnya saat mereka harus ngangkut karung semen, kasih 1500 atau 2000/karung. Atau kalau mereka harus mengangkuti batu, galian, atau genteng, misalnya, kasih mereka bonus.

    Atau kasih snack sesekali. Atau kasbon tidak dipersulit-terutama untuk keperluan mendesak. Kalau saya sih biasanya begitu, dan mereka oke2 aja, sebab dalam perjanjian awal, saya hanya memberi gaji harian tanpa makan dan snack.
     
    Shadow likes this.
  16. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Makasih masukkannya, sangat menambah pengetahuan buat saya yg awam ini :)
     
    hahachi likes this.
  17. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Saran yg ini saya udah pernah coba. Ke tukang bangunan "ke 1"... Dia dikasih sarapan, makan siang, snack, kopi, dikasih uang rokok, dan bonus (kalau ayah saya ada uang lebih). Tapi dia bahkan malah menghilang sampai sekarang (status: minjem uang dan ninggalin kerjaan)

    Iya, ga semua "tukang" itu buruk etos kerjanya. Mungkin memang keluarga saya aja yg belum "hoki" dapet pekerja yg bagus dan benar.

    Bolehkah saya konsultasi ke kamu?
     
  18. Astra Jingga

    Astra Jingga Active Member

    Wah, kayaknya itu mah tukang abal2 ataw tukang yang udah kebelet pengen mudik tuh, haha...
    Yep, ga semua, tapi memang harus diakui jumlahnya gak banyak juga :)

    Ya silakan aja, tapi saya bukan mandor, loh ya...
     
    Shadow likes this.
  19. Shadow

    Shadow Well-Known Member

    Saya PM ya..
     
  20. Talita

    Talita Well-Known Member

    Waduuh kalau ada tukang kayak gitu d daerahku,palingan orang udah d hancurin rumahnya atau d datangi.ditambah gak ada lg yg mau pakai org begitu.

    Apa untuk sementara gak d pasangin terpal?lumayam untuk meminimalisir angin dan nyamuk nakal masuk.bisa pakai baliho.

    Semoga dapat tukang yg bagus ^^ amien.
     
    Shadow likes this.

Share This Page