Hobi Self-Harm, Wajarkah?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by girlindark, 29 November 2015.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. girlindark

    girlindark New Member

    Sesuai judul, kalian pasti udah pada tau apa permasalahanku di sini. Daaan, aku cuma mau cerita kalau 'hobi' baru aku belakangan ini adalah melakukan self-harm atau menyakiti diri sendiri. Entah itu gores tangan pake pensil atau penggaris tajam (aku masih belom berani pake yang aneh-aneh, takut terlalu bereBahkan tanpa pikir panjang aku bisa langsung sayat tanganku dengan apapun alat tajam yang ada.

    Seorang teman yang aku ceritain permasalahanku selalu bilang jangan. Jangan self-harm. Self-harm itu dosa. Aku tau jelas hal itu. Tapi gimana, ya…. tiap kali ngelakuin self-harm, aku selalu ngerasa ada kelegaan tersendiri setelah aku melakukan aktivitas itu. Rasa sakit yang aku alami dari self-harm malah jadi 'pelepas' stress yang aku alami. Bahkan kadang, waktu orang-orang seakan anggap aku ini kasat mata (nggak terlihat) dengan mereka mengabaikan aku atau apa. Aku malah ngelakuin self-harm buat yakinin diri aku sendiri kalau aku ini nyata. Aku ini ada.

    Tapi kenapa mereka bersikap seakan aku ini nggak terlihat?

    Sejujurnya, bukan masalah keluarga aja yang membuat aku tertekan dan buat aku memilih buat ngelakuin self-harm. Banyak banget masalah yang aku hadapi, saking banyaknya sampai aku bingung mau mulai dari mana.

    Di sini aku juga nggak berharap kalian bilang, ‘sabar, ya’, ‘jangan self-harm’, ‘udah gila, ya, sampe self-harm segala?’ atau pun ‘inget, self-harm itu nggak bermanfaat’. Jujur aku udah bosen dengan pendapat itu.

    I hope a lot from you, guys :) thanks before.
    iko, hehe)

    Nah, jujur sebenernya aku sama sekali nggak niat untuk menjadikan self-harm ini suatu kebiasaan. Tapi... banyak masalah yang aku hadapi terutama setahun belakangan. Orang-orang boleh nilai aku anak yang periang, tapi mereka sama sekali nggak tau apa yang bener-bener aku rasain. Dan rasanya capek banget disaat harus pasang fake smile mulu ke semua orang, termasuk keluarga sendiri.

    Latar belakang keluargaku memang broken home. Aku udah hopelessly banget dengan kondisi keluarga aku yang kayak ini. Semua masalah dan tekanan ini ngebuat aku nekad buat nyoba self-harm. Awalnya aku mikir dua kali buat ngelakuin self-harm ini. Tapi sekarang, self-harm udah jadi makanan sehari-hari buat aku.
     
  2. Jiprat W

    Jiprat W Well-Known Member

    Hmmm, yaudah lah ya. Kalo self harm itu membuat mbak itu lega mah silahkan aja. Ya semoga baik" aja. Gak ada luka berat. Toh kalo dinasehatin itu mah udah kebiasaan jadi susah, hehehe. Tetep semangat aja mbak. Semua bakal indah pada waktunya. Hehehe
     
  3. carrot

    carrot New Member


    Halo, hobi kita sama.
    Aku dari keluarga yg utuh, tapi diperlakukan tidak baik. Kalau dirumah dan semua sakit itu mulai i do this too, tapi kalau diluar ketemu temen temen yg bikin aku ketawa dan bahagia aku lupa hobi aku yg satu ini. Mungkin.. suatu saat nanti hobi kita akan berhenti saat kita ketemu orang yang bikin kita nyaman, entah kapan dan entah siapa. Kemungkinan hobi itu balik lagi ? Mungkin aja tapi seenggaknya gak akan sesering sekarang hehe jadi kita cuma butuh waktu untuk menemukan orang yang bisa bikin kita lupa sama rasa sakit yg ada dihati, perasaan kesal dan amarah. Semua ada waktunya. Semangat..
     
  4. inxecure

    inxecure New Member

    Hallo dear. Yang namanya manusia itu ya pasti gabakal jauh dari yang namanya masalah. Soal lo yang ngelakuin self-harm menurut gue sesuatu hal yang wajar kok disaat lo ngerasa gasanggup nuangin semua masalah lo. Self-harm boleh kok tapi jangan dijadikan self-harm itu sebagai suatu kebiasaan.

    Setiap lo kesal, sedih, stress atau apapun cobalah nuangin stress lo ke hal-hal baru yang positif. Kalo gue stress ya gue emang bakal nangis sejadi-jadinya setelah itu gue coba buat nenangin hati gue dengan berdoa. Ngelampiasin semuanya ke Tuhan ketika dunia gaada yang perduli ke gue, stelah lo berdoa gue yakin perasaan lo mulai membaik. Dan ingat ketika lo png nyoba self-harm selalu bilang ke diri lo "memangnya masalah gue bakal hilang dengan gue begini?" ingat dear, seberat-beratnya masalah lo masih banyak orang diluar sana yang masalahnya lebih berat dari lo tapi mereka tetep bisa ngatesin itu tanpa harus self-harm :) semoga membantu :)
     

Share This Page