hati yang terlalu sensitif dan mudah sakit hati. gimana cara hilanginnya?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by husnul annisa, 31 May 2016.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. husnul annisa

    husnul annisa Member

    Gini, jujur aku gak suka aku kayak begini. Aku ini pendiam, dan teman temanku bilang aku ini penyabar dan gak banyak tingkah. Tapi sbenarnya aku ini mudah banget sakit hati,hanya saja aku gak nunjukin ke siapa siapa.
    Sebagai contoh salah satu kisahku.
    Kemaren, waktu perpisahan sekolah, kami ke pantai. Dan singkatnya, setelah beres', aku ga sengaja nendang botol minyak tanah di dekat bara api yg sedikit apinya, terus org disekitarku kaget kan, aku juga kaget dan langsung bilang "maaf maaf " dan kutaruh itu ditempat yg jauh, guruku cuman ketawa, dia bilang "saya kira ada apa" sambil senyum. Terus si A tiba' bilang "masalahnya ini minyak tanah yg ditendang bu" Jujur aku sakit hati cuman krn hal kecil kyk gitu. Aku lngsung mikir, Kok dia ngungkit' lagi? Teman' ku yg lain aja diam dan guruku juga gak masalahin.Yg naruh botol itu di dekat bara api kan bukan aku. Aku juga udah minta maaf. Ya udah aku fake smile aja.
    Terus aku lanjut mau bantu iris' lombok. Nah karena aku lihat si B tangannya udah kepedisan, aku gantian ngiris yg di alasi penutup tupperware dan gantian juga ama si C.
    Eh setelah semua udah selesai kan, guruku nanya, kok ada goresan di penutupnya? Terus yg lain bilang krn dipake ngiris lombok. Nah ditanyalah siapa. Si C lngsung bilang "sy cuman ikut ikutan cop" eh buset. kan lo juga make knp lo ngeles juga . Nah trus tman' disekitarku pada ngeliatin aku dgn tatapan-dia bu pelakunya-. Bahkan org yg udah aku anggap tman baik, malah ngerekam aku saat moment itu. Yah aku diam dan nunduk. Aku memang make itu kok. Tapi setelah beberapa detik dipelototin, ada salah satu tman yg teriak "si B duluan yg make bu!" Nah di situ baru brhenti dipelototin dan si B yg lagi duduk dengan kita' juga langsung ngeles.
    Aku langsung mikir, nah kalian tau jelas siapa yg pertama mulai, kenapa kalian cuma pelototin aku dgn tatapan itu?terus kenapa aku direkam saat aku siap dimarahi ? Lucu gitu?
    Pernah juga, aku di gosipin ama cwek' penggosip di kelas krn aku gak mau ngasih mreka contekan dan ikut mrka mnyontek. Jujur aku malu sama mereka. Aku sekolah di sekolah unggul di prov.ku dan masuk di kelas 01. ( 01-11 dlam artian terpintar ke terbawah) tapi mrka bahkan slalu nyontek, bhkan di UN baru saja, mereka bisa internetan dri jam prtama smpai slsai.
    Jujur, bnyak hal kecil yg buat aku sensitif, mudah sakit hati dan pengen nangis. Aku udah coba buat yakinin pasti ada hal yg org lain gak suka dariku dan juga sebaliknya. Tapi tetap nggak bisa.
    Setelah semuanya, aku bakal lanjut ke tempat di mana gak ada satupun siswa sekolahku disana. Tapi yg kutakutkan, bagaimana nanti kalau aku sensitif banget dan susah buat bergaul dengan orang disana?
    Bagaimana nanti aku gak punya sahabat dekat? Bagaimana nanti aku malah digosipin ama cwek sama seperti 3 tahun ini mereka mnyebarkan rumor busuk tntang aku krena gak suka dgan sikap diamku yang di sangka sok Jaim dan sok baik supaya banyak yang suka sama aku?
     
  2. brokenme

    brokenme Member

    Hi!☺
    Aku bisa jadi teman kamu kalo kamu mau curhatin apa aja, atau kamu juga kan selalu bisa curhat di forum ini, jadi kamu ga ngerasa sendiri. Aku rasa, mungkin kesensitifan kamu itu muncul karna kamu belum dapat teman yang bisa ngertiin kamu seutuhnya, sekalipun teman dekat kamu yang ngerekam kejadian ga penting itu. Aku ngerti gimana keadaan kamu, tadinya aku juga orang yang sensitifffff banget sampe kadang omongan orang yang halus pun bisa buat aku tersinggung. Kamu butuh banyak interaksi sama orang yang lebih aktif diatas kamu sis, jadi kamu ga canggung lagi buat bergaul dan ga jadi pendiam kaya sekarang. Mulai dari sini aja, banyakin interaksi, cerita2, jadi kamu bisa ngerasa kalo ada yang ngertiin kamu atau bahkan punya posisi yang sama kaya kamu. Jadi kamu ga ngerasa minder:)

    Jelas ga sih aku ngomongnya? Wkwkwk soalnya aku rada ga ngerti sama tulisanku sendiri lol
     
    Manusia :) and husnul annisa like this.
  3. husnul annisa

    husnul annisa Member


    Jelas kok, Jelas banget :) Terima kasih banyak udah baca.. yah emang bahkan terkadang omongan orang yg halus pun buat aku tersinggung.. dan rasanya, Cari teman yg benar benar ngerti posisi kita itu sangat sulit dibanding cari teman yg humoris-dan terkadang buat kita tersinggung- dan sampai saat ini aku belum bertemu org org seperti itu.. terima kasih banyak atas sarannya.. :)
     
  4. enfalten

    enfalten New Member

    1. Nendang botol minyak - saya rasa Annisa pantas sakit hati dikatakan "masalahnya yang ketendang minyak tanah", karena mau botol minyak, coca cola, fanta, air, namanya engga sengaja dan ga tau. Dan intinya yang nendang udah sadar ga hati2 dan tadi itu bisa menyebabkan kebakaran (untung enggak), dan udah meminta maaf. Tapi kita ga bisa mengontrol mulut orang yah... So, jgn dipikirin, seperti teman2 dan guru udah memaafkanmu, maafin lah org yg mengatakan kalimat itu juga
    2. Ngiris cabe - kalo aku yang punya tutup tupperware sih bakal sakit hati juga tuh dijadiin alas buat ngiris2 jadinya kan lecet barangnya sayang, mungkin tupperware itu adalah barang kesayangan si pemilik? Kalau anak2 lain mo ngeles dan video-in pas kejadian, yah pasti sakit hati emang digituin. Yah sekali lagi, maafkanlah mereka. Mungkin lain kali perlu sensitive juga ma perasaan orang lain (di sini pemilik tupperware) sebelum melakukan sesuatu.
    3. Nyontek - banggalah Annisa menjadi salah satu siswa terbaik di provinsinya. Keputusan untuk tidak menyontek dan memberi contekan itu benar. Kita perlu bertanya pada diri sendiri, tujuan saya bersekolah untuk apa? Untuk mendapatkan ilmu, dan bukan mendapatkan nilai (saja) bukan? Tentu saja nilai bagus dibutuhkan untuk kelak mencari kerja, tapi dengan mendapatkannya secara tidak jujur itu menipu diri sendiri. Jangan pernah lakukan itu. Teruslah menjadi orang yang punya prinsip. Bekerja keraslah dan dapatkan nilai bagus secara terhormat. Kamu akan punya rasa hormat terhadap diri, dan orang lainpun akan lebih menghargai dirimu.
     
    husnul annisa likes this.
  5. The2ndMarina

    The2ndMarina New Member

    Sifatmu persis kayak sifatku dulu. Dan sekarang aku udah ga sensian lagi, aku udah bisa mengatasi. Sebenernya masalahnya ada di dalam diri kita sendiri. Ini beberapa faktor yang aku rasain :

    1. Kita dididik untuk menjadi anak yang baik. Dalam pikiran kita tertanam sikap-sikap yang baik, dan berharap orang lain akan baik ke kita. Tapi pada kenyatannya, sifat "baik" tidak selamanya berbuah baik. Kita berharap orang lain berlaku baik juga ke kita, namun kita kecewa dengan harapan kita tidak sesuai.
    2. Kita tidak terbiasa mendapat perlakuan "tidak baik" dari kecil. Menjadi baik itu ga salah, tapi jangan berharap orang lain akan berlaku baik juga ke kita. Apalagi di dunia perkuliahan dan kerja. Kita akan banyak makan ati -_- dan trkadang sensiku kambuh. Aku berlatih untuk tidak sensi itu saat kuliah. Aku bertekad, aku bakal jadi orang yang beda, ga mau sensian lagi. Latihan biar kebal makan ati hehehe

    Semangat yaaa. Cuek dikit sama kata2 orang :D
     
    husnul annisa likes this.
  6. husnul annisa

    husnul annisa Member


    Terima kasih atas saran dan jawabannya :) saya akan berusaha lebih baik lagi ..
     
  7. husnul annisa

    husnul annisa Member

    Yap, semua faktor itu juga aku rasain.. aku dari kecil selalu pikir kalau kita baik ke orang lain, orang lain juga akan begitu.. tapi nyatanya gak selalu timbal balik.. dan salah satu hal yg buat sensitive ku gak ngilang ngilang, yaitu, aku terlalu takut dengan omongan orang lain. makanya aku berusaha slalu berbuat baik, supaya mreka juga bisa brbuat baik dgn org lain dan tidak berbicara yg tidak tidak tntangku maupun tntang orang lain.. ternyata tidak.. nyatanya ada juga yg ngatain aku Sok Baik, Sok Jaim dsb .. dan emang kata kata mreka bagiku itu sakit banget saat aku brusaha slalu baik buat mreka.. karena itu smpe sekarang aku takut dngar kata kata org untuk aku..
    Tapi, Terima kasih atas sarannya :)
     
  8. Dewi Johansyah

    Dewi Johansyah New Member

    Dear Nisa :)
    Namanya perempuan pasti perasaannya halus dek, pasti mudah sensitif dan tersinggung.
    Dan yg dikatakan @The2ndMarina is true. Kita dididik dlm lingkungan yg baik dan diajarkan menjd anak yg baik, jd ketika mndpat perlakuan tdk baik pasti rasanya nyesek.
    Tp saran aku, maafkan dan ikhlaskan apa yg mereka katakan. Karna kalo terus2n "menikmati" sakit hati krn ucapan dan perlakuan mereka, cmn hanya bikin hidup kita sakit dan terhambat. Buang2 wktu mikirn org org bgtu.
    Maafkan aja.. Setiap perbuatan baik sllu Allah liat dan pasti Allah balas meski ngga lewat org yg sama, tp pasti akan ad kebaikan yg kita peroleh nanti. Jd sabar aja ya dek.. Jgn lupa maafkan dan ikhlaskan
     
    husnul annisa likes this.
  9. husnul annisa

    husnul annisa Member

    Terima kasih kak atas waktunya dan sarannya :)
     

Share This Page