Introvert dari Keluarga Extrovert

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Chiara, 29 May 2016.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Chiara

    Chiara New Member

    Hai, pertama kali gue ngerasa kalo gue tuh introvert kayanya waktu SMA, waktu gue mulai berhenti curhat sama temen-temen gue dan lebih sering milih buat memendam perasaan. Tapi, dari dulu gue sadar kalo gue emang bukan tipe orang yang mudah bergaul. Gue selalu canggung kalo harus ketemu sama orang baru. Bahkan gue canggung kalo ketemu om/tante/sepupu pas lagi lebaran! Gue lebih suka menyendiri dalam keramaian. Kaya kalo mesti ngobrol sama banyak orang tuh bikin gue bener-bener ngerasa risih.
    Sayangnya, gue besar di dalam keluarga yang semuanya extrovert. Ortu gue dua-duanya tuh tipikal orang Indonesia banget, yg suka ngobrol trus gampang deket sama orang lain. Gue paling benci kalo pas kumpul keluarga, nyokap maksa gue buat ngobrol sama semua orang. Bukannya ngebantu gue yang canggung, beliau malah 'mencairkan suasana' dengan jadiin gue bahan becandaan kaya, "Ini nih, anak komunikasi tapi nggak bisa komunikasi" sambil ketawa sama semua saudara-saudara gue.
    Rasanya gue pengen teriak! Gue pengen bilang ke nyokap kalo gue nggak suka dipaksa buat basa-basi! Gue pengen bilang ke nyokap kalo setiap orang tuh beda! Tapi sialnya, keluarga gue tuh suka banget becanda, dan kalo gue ngomong gitu ke nyokap, pasti gue bakal ditanggapin pake becanda juga.
    Bentar lagi lebaran dan gue jadi kesel karena itu artinya, waktu buat gue terpaksa basa-basi bakal datang lagi. Argh!!!
     
    rizkiahmad28 likes this.
  2. mr.x

    mr.x Well-Known Member

    Saran saya sebelum lebaran kamu ngekos aja, biar jauh dari ortu...
     
    enfalten likes this.
  3. Chiara

    Chiara New Member

    Hai, sebenarnya ini saya udah ngekos kok. Beda pulau lagi sama ortu hehe. Makanya jadi kepikiran karena bentar lagi bakal pulang dan menghadapi semua kecanggungan itu (lagi)
     
  4. Kemuning Senja

    Kemuning Senja Active Member

    Introvert biasanya disebabkan kurang pede.
    Ngrasa ada aja yg salah ketika bertemu ato bicara dg orang diluar lingkungannya.

    Sementara nurut aku, murah senyum aja.
    Di sindir2 juga kasih senyum aja..
    Jangan malah makin cemberut.

    Meanwhile, wujudin prestasi pendidikan kamu.

    Srg bersosialisasi juga, srg ktmu dan ngbrol sm temen2 di kos minimal.
    Jgn keseringan ngumpet di kamar, pikiran jd makin sempit dan introvert makin jd..

    Menghindar bukan solusi, mau sampe kapan...
     
    rikisibarani likes this.
  5. Klo kamu ngekos di tmpat yg jauh sampai beda pulau klo menurutku ya anggap aja sis ngumpul buat ngelepas rindu , untuk moment sekali setahun , aku pun di kluarga termasuk org yg introvert , jarang ngumpul bareng mereka ya kalau mereka tanyain aku aja baru aku jawab hahahaha
     
  6. FreyAthena

    FreyAthena New Member

    Hi.. setelah aku baca curhatanmu, aku bisa ngerti apa yang kamu rasain xD I'm an introvert too! :D
    Anyway, kalau emang kamu seorang introvert emang karakter bawaan, it's okay. Introvert it's not a bad thing. Emang sih kita pasti merasa nyaman dan "safe zone" kita saat sendirian di kamar dengan dunia sendiri dan hanya punya inner circle yang sedikit. Tapi aku mau tanya dulu, pernah enggak kamu cerita ke orang tua kamu tentang diri kamu? Ya nyeritain kalau kamu itu merasa "beda" dan ya kasih semacam pengertian ke ortu kamu kalau kamu itu anak yang berkarakter introvert. Liat aja reaksinya gimana. Apakah nanti ngomong "Kamu harus berubah, jangan gitu.. jadi manusia harus komunikasi, interaksi, and so on.." atau malah ortu kamu reaksinya berupa pengertian yg bijak? misal kaya mendukung kamu dan menerima karakter kamu tanpa memaksa kamu berubah? Kalau misalkan dirasa malah nyuruh ngerubah diri sendiri, ga usah berubah... toh karakter yang sudah dibentuk sulit untuk dirubah dan pasti ada rasa "berontak" karena diri ini yang unik mau dirubah jadi apa yang orang lain ingin kan.

    Masalah nanti lebaran. Menurut aku seorang introvert ga sepenuhnya diem dan sulking in their awkwardness. Ok, mungkin emang berasa canggung pas ketemu saudara atau orang lain, but.. yaa.. coba deh untuk senyum, nyapa atau nanya aja yang basa-basi (well, kebanyakan masyarakat yg cenderung extrovert seneng banget sama basa-basi ini). Udah gitu boleh deh balik lagi ke comfort zone kamu. Terus kali-kali munculin diri, gabung meski cuman diem doang.. jadi ya dianggap masih peduli dan mau interaksi dengan yang lain. Believe me, aku juga ngalamin hal-hal yang kamu curhatin.

    Btw aku agak gak suka tuh ama komentar ini
     
  7. Chiara

    Chiara New Member

    Saya kadang2 sering nyapa anak kosan sih kalau ketemu. Tapi kalau untuk ngobrol panjang aaaaakkkkk saya sepertinya terlalu memikirkan kelanjutan setiap obrolan sampai2 saya nggak sempat ngobrol dan obrolan cuma terjadi di kepala saya :(
     
  8. Chiara

    Chiara New Member

    Heeii teman! *tos*
    Yess I know introvert isnt a bad thing but my extrovert family makes me feel bad about it :(
    Saya sih belum pernah ngomong soal ini ke ortu. Entah kenapa keluarga saya ini sepertinya nggak berbakat untuk obrolan serius hehe. Tapi, sekali saya pernah (sambil pura-pura tidur) mama saya dan kakaknya ngomongin tentang saya yang susah bergaul. Dan, kakaknya mama itulah yang justru memberikan pengertian ke mama saya tentang "kemungkinan" saya introvert. Beliau menjelaskan ke mama seperti apa karakter orang introvert itu dan tanggapan mama saya yaah seperti memaklumi gitu. Tapi tetap, saya nggak suka dipaksa buat ngobrol sama semua orang. Mungkin nanti saya harus ngomong tentang semua kegelisahan saya ini.
    But, as an introvert too, you know how hard it is for us to express our feelings, dont you? XD
     
  9. Kemuning Senja

    Kemuning Senja Active Member

    Well noted. Thanks :)
     
  10. enfalten

    enfalten New Member

    Sebenarnya sih, mo orang lain ngertiin kita kalo kita introvert itu bukan masalah gede. Ga dingertiin jg egal, cuekin ajah balik :) Yang jadi masalah tar pas udah mulai kerja, ga mungkin semua orang akan ngertiin sang introvert, karena di dunia kerja, namanya kita harus deal ma orang ;)
     
  11. Chiara

    Chiara New Member

    Uaaahh!! Sejatinya ini juga jadi salah satu ketakutan saya. Gimana kalo nanti saya canggung banget pas udah kerja? Gimana kalo ternyata saya kerja di kantor yang orang-orangnya gampang mingle, sementara saya butuh berbulan-bulan hanya untuk masuk ke sebuah circle :oops::oops::oops:
     
  12. enfalten

    enfalten New Member

    Believe me it will take years of perseverance, patience, heart pains, uncomfort, and in the end, still an introvert :D
     
  13. enfalten

    enfalten New Member

    Ga mudah emang jadi orang introvert. Bukan masalah ga PD atau apapun. It's just in the genes. Sesuatu yang aslinya ga suka ngomong (kecuali sama orang yang sudah dipercaya banget), itupun takes years spt Chiara, ga bisa dipaksa buat basa basi. Basa basi sejam buat orang extrovert kurang, buat si introvert sudah merupakan penyiksaaan banget karena berbasa basi membuat si introvert tidak menjadi dirinya sendiri.
     
    Chiara likes this.
  14. Chiara

    Chiara New Member

    masnya mengerti sekaliiii *terharu*
    Makasih loh udah menyuarakan isi hati saya wkwkawk
    Yap. Saya juga merasa bukannya saya gak pede untuk bergaul sama orang. Cuma gak nyaman dan kayanya kebanyakan mikir reaksi mereka bakal kaya apa hanya dengan saya bilang "hai"
     
  15. Dewi Johansyah

    Dewi Johansyah New Member

    Dear chiara.. Sbnernya kalo kamunya pede pede aj ya knp meski "menyendiri" didunia kamu terus..
    Emng ngga bsa dipaksa yg namanya basa basi, tapi.. Kamu harus bsa blajar berubah juga.
    Mau smpai kapan nih gini terus? Smntara manusia itu basicnya makhluk sosial.
    Apalagi mau hindarin keluarga pas acara ngumpul. Sbnerny kalo kmu open minded lg, keluarga itu pegangan kamu bgt saat dunia diluar sana berubah kejam, cmn keluarga tempat kamu balik dan berlindung.
    Jgn terlalu asik sma dunia sndiri. Suatu hari kamu bakal tambah dewasa dan menua, hdup kamu bakal flat dan ngg bisa belajar memaklumi org lain, ngga belajar memahami karakter org lain, ngga belajar bnyak experience hdup dri org skitar.
    membaur itu perlu, dan untk jenjang karir kamu dimasa dpan kamu butuh bnyak relasi, org sukses bersumber dri bnyak nya relasi mereka.
    Sooo.. Saran aku, kamu harus bsa ubah mindset "boring" pas ketemu org org baru atau keluarga, bikin hdup kamu berwarna dgn cara membaur.
    Smakin bnyak komunikasi sma org smakin kamu bnyak belajar hdup dan tentunya pikirn kamu bkal terbuka.
     
  16. skye

    skye New Member

    Persis banget seperti yg aku rasain . . . Dunia luar kadang terasa seperti neraka bagi introvert ky kita . . .
     
  17. mr.x

    mr.x Well-Known Member

    Bagus kl gtu kamu sudah beda pulau dgn ortu, tambahan saran saya... lebaran besok kamu dtng ke keluarga yg lain... maksud nya lebaran tahun lalu bersama nenek ortu ibu, kl skrng bersama nenek ortu bapak.. yaa begitulah kira nya yg dpt saya sampai kan...

    Apabila ada sumur di ladang..
    Boleh saya menumpang mandi..
    Kalau ada umur yg panjang...
    Mungkin kita............... :p
     
  18. Blue-one

    Blue-one New Member

    Kalau kata aku sih, emang g perlu jd orang yang terlalu extrovert, tp seenggaknya, untuk menunjukkan rasa hormat, anda harus menyapa keluarga anda dan sedikit berbasa basi. Introvert bukan berati menutup diri dari kehidupan sosial. Introvert itu orang yang bisa nyaman tanpa harus bergantung terhadap orang lain. Bisa nyaman dengan kesendirian,tapi bukan berarti dia tidak bisa bersosialisasi.
     
  19. Elyás

    Elyás New Member

    Sama banget kronologinya haha, kayaknya pengen skip aja hari lebaran. I dont need to do Shitlaturahmi huhu.
     
  20. LostStar

    LostStar New Member

    Hmm kasusnya sama kayak ane ini
    Sebenernya gan introvert / extrovert itu ga masalah buat agan, tapi kalo dari yg ane baca
    kayanya agan punya sifat pemalu CMIIW
    dan yang buat agan canggung dll itu sifat pemalu agan,
    mending mulai sekarang coba ajak obrol seseorang walaupun agan ngerasa ga nyaman dll,

    ane dulu juga sama kok gan, waktu ada saudara kunjung di rumah paling cuma salaman abis itu nyendiri di kamar , terus kalo dipanggil disuruh duduk2 paling benci soalny ane pasti disana diem aja dan bawaannya canggung
    tapi ane udah usaha berubah tiap ada saudara setidaknya ane duduk sama mereka sesekali nyeletuk "itupun bener2 sesekali" dan respon mereka itu normal2 aja, mungkin abis ngalamin ini ane jadi lebih pd buat ngobrol

    terus buat keluarga yg suka becanda agan tuh, cuek aja omongin ke ortu kalo kamu ga suka tapi ngomongnya biasa aja ke ortu, walopun dijawab becanda ato bagaimanapun percaya deh ortu kamu pasti setidaknya care / inget kata2 kamu
     

Share This Page