Galau menuju UN2017

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Yuvillera, 23 July 2016.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Yuvillera

    Yuvillera New Member

    Hai hallo semuanya..
    Sekarang aku berada di bangku kelas 3 SMA sekarang rasa takut itu sering bermuncullan di benakku, kenapa? kenapa aku takut? aku takut jika nanti hari UN tiba aku gagal, aku takut jika aku mengikuti SBM aku gagal. masalahnya ada 2 mata pelajaran yang sama.sekali aku tidak kuasai yakni KIMIA dan FISIKA, waktu kelas 1 dalam pelajaran kimia itu tidak begitu sulit namun.. aku begitu mudah melupakannya begitu juga dengan pelajaran fisika, pelajaran MTK sih masih mending kalau buat aku_-
    lalu saat ini aku memutuskan untuk bimbel, harha bimbel nya itu lumayan .. mahal-_- aku ikut bimbel itu karena waktu aku coba emang enak cara belajarnya, nah setelah lama aku bimbel... loh ko aku masih ngak ngerti sih, gimana dong? dari situ aku mulai takut gimana kalau seterusnya aku masih belum bisa sama 2mata pelajarn itu aku takut, aku takut kalau (amitamit) aku gagal orang tua aku bakal marah dan kecewa karena dia udah bayar mahal mahal untuk bimbel, dan juga ada satu masalah saat di bimbel aku terlalu gengsi untuk nanya kalau aku belum bisa ngerjain soal itu sama sekali_-
    aku bener bener nyesel sekarang, karna waktu kelas 1 2 aku terlalu nyantai dan kadang masa bodoan dan belajarku juga hanya SKM (sistem kebut semalam).
    SMA-ku sangat berbeda dengan SMP, bukannya sombong tapi saat smp aku tidak seperti ini dan pasti kalian gal percaya waktu itu smp kelas 8 dan 9 alhamdulillah aku pernah sampai masuk 2 besar, dan orang tua ku bener bener bangga sama aku, aku ngerasa kok perbedaannya waktu smp aku rajin tapi pas sma aku... apalagi di sma tu temen temen aku pada pinter sumpah. aku pengen ngebuat orang tua aku bangga lagi dengan aku bisa lulus dengan nilau un yang bagus dan masuk unuversitas yang baik juga.
    apa kalian pernah kayak gini? sampai saat ini aku belum menemukan motivasi untuk belajar, dan saat belajar mengulang pelajaranpun itu semua udah lupa_-
    bagi kalian yan membaca curhatan aku ini aku harap kalian memberikan aku solusi.
     
    taenggold6 likes this.
  2. taenggold6

    taenggold6 New Member

    Menurut aku kamu jangan malu deh sekarang buat nanya di bimbel cuma karena mengatas namakan GENGSI
    Gengsi kenapa coba?
    Itu ngerugiin diri kamu sendiri loh
    Sekarang buka pikiran kamu tujuan kamu bimbel buat apa?
    Kamu pengen nguasai pelajaran yg belum kamu kuasai iyakan?
    Jadi jangan gengsi ;)
    Trus kamu bilang gak punya motivasi belajar?
    Kamu pengen lolos SBM? Pen banggain ortu?
    Jadiin itu sebagai motivasi kamu belajar lebih giat lagi :D
    Ingat USAHA ITU GAK AKAN MENGHIANATI HASIL ;)
    Jadi berusaha keraslah, berjuanglah nikmati perjuanganmu meraih impian jika gagal bangkit lagi! Terus berusaha dan jangan nyerah terus berdoa dan percaya pada tuhan.
    Fighthing!! ;)
     
  3. Yuvillera

    Yuvillera New Member

    Terimakasih Banyaaaaaaakk
     
  4. Oleander

    Oleander New Member

    hai Yuvillera
    Kasus mu kurang lebih sama dengan kasusku dulu waktu SMA.
    Berhubung aku udah melewati fase Bimbel dan Ujian SBMPTN dkk aku disini mau bagi pengalamanku ke kamu hehehehe
    Aku cuma mau ngingetin ke kamu, masuk PTN/PTS itu SUSAH. Ngga gampang. Kamu pinter sekalipun bukan acuan kamu untuk diterima otomatis di PTN dengan jalur kuliah yang kamu mau.

    supaya lebih gampang kamu proyeksikan cita-cita kamu. Kamu mau masuk PT mana, jurusan apa. Cari teman-teman yang punya mimpi sama dengan kamu. Lihat sejauh mana mereka berusaha untuk memeroleh mimpinya tsb. jujur aja yang kamu (-dan sebenarnya aku juga-) perlukan itu motivasi.
    Kamu inget2 deh, dulu waktu SMP bisa dapet nilai bagus karena apa?
    Mencari motivasi itu yang susah


    Kamu udah ngga perlu menyesali nilai kamu waktu kelas 1 2
    kamu menyesal toh ngga bakal ngubah nilai kamu
    kamu konsen UN aja biar LULUS
    dan siap2 untuk SBMPTN karena perang besar itu di Tes SBMPTN
    Aku punya temen, dia ngot2an banget waktu SMA, tapi dia semangat belajar buat SBMPTN. JAdi bisa masuk ITB hehehe
    Dia mbolos sekolah untuk belajar SBM di rumah. Nilai dia biasa aja di sekolah tapi usahanya gede banget.
    Moga2 bisa jadi motivasi

    SEMANGAT!!!
     
    Fathiya likes this.
  5. beruang biru

    beruang biru New Member

    kamu takut gagal? maka jadikan itu motivasimu.
    Selagi kamu masih bimbel maka manfaatkanlah. kalau bisa tambahan setiap hari. ulang semua materi dari kelas 10 di waktu tambahan itu. Buat catatan yg menarik agar kamu tdk bosan ketika melakukan review. Bikin jadwal belajarmu. Sempatkan belajar SBMPTN dri sekarang. Jangan malu untuk mengulang materi di bimbel, daripada kamu harus mnanggung malu disaat gagal?
    Sedikit cerita dik, aku angkatan thn 2016, baru saja menghadapi UN dan SBMPTN. dan kamu tau? i'm failed all my tests.
    aku sdh belajar mati2an, bimbel setiap hari, tapi nilai UN MTK ku 4,95 which is mean aku hrus mengulang lg bulan agust nnti. ya walau nilai mapel yg lain tdk ada yg di bawah angka 7, stdknya aku bangga dgn diriku krn tdk memakai KJ yg beredar (btw aku un cbt), lalu SNMPTN? aku masuk ke dlm 75% yang bisa mendaftar (untuk bisa masuk ke kuota 75% ini pun cukup sulit lho) namun hasilnya aku gagal. di kelas ku hanya 8 orang yg lulus snm dari 20 yg mendaftar, jangan terlalu mengharap snm tapi snm adalah PELUANG TERBESARmu, mka pikirkan dgn baik. lalu, aku test sbmptn dan hasilnya gagal. disaat tmn2ku diterima di unpad, ipb, ui, itb, aku cmn bisa nangis dirumah dan gktau harus apa. padhal aku sdh yakin banget dgn jawabanku pas sbm, sbm itu kayak ur final test. harapan terakhir dan terbesar. selain itu aku ikut utul ugm dan... aku gagal lagi.
    manfaat kan waktumu sebaik mungkin. Jangan terlena dengan waktu un dan sbm yg masih thn depan, persiapannya 1 th saja masih kurang. banyak senior ku yg mengulang sbm lagi tahun ini demi mendapat univ yg dicita2kan (persaingan sbm berat banget, un sih gk ada apa2nya)
    aku yg tiap hari menghabiskan waktu di bimbel aja masih gagal, gimana kalau kmu gk ada niat belajar?
    kalo kamu masih ngerasa kurang efektif belajar di bimbel, kamu bisa dftar di zenius.com untuk belajar di rumah dan itu ngebantu banget! (bukan promosi)
    semangat, satu angkatan kamu ngerasa takut, bkn cmn kamu aja, manfaatkan waktu sebaik mungin, jangan ada penyesalan.
     
    Fathiya likes this.
  6. LostStar

    LostStar New Member

    Kebetulan ane udah kuliah nih, dan mau kasih tau aja kalo UN itu gampang bgt kalo cuman kejar lulusnya, situ ikut bimbel sekolah 1-2 mggu sbelum un aja bisa lolos.. Belom lagi kalo un nya bocor.. Mending gausah terlalu dipikirin unnya nilai harian aj dimantepin dlu, soalnya konsep2 un juga keluar di pelajaran harian agan, oiya satu lagi.. Kalo agan mau masok ke ptn kesukaan agan mending belajar sbm lebih awal gan .. Trust me sbm lebih penting dari un
     
  7. Reika

    Reika Member

    Hai, ikut nimbrung ya hehe

    Waktu SD, nilai UN ku lumayan, waktu SMP nilai UN ku ancur gara2 matematika, waktu SMK juga ancur tapi baikan dikit
    Pernah dapet nilai UN 4,5 atau 5 dan takut gak lulus?
    Ane banget tuh
    Takut...
    Takut...
    Tapi akhirnya lulus juga

    Tes SNM, SBM, udah nebak kalo ga bakal lolos
    Eh taunya lolos juga, lumayan dapet PTN bagus

    Memang prosesnya panjang apalagi waktu mau nyari PTN harus ini itu registrasi ospek dsb, pada masa2 itu wajar kalo kita merasa takut dan sendirian, nah mintalah orang yg paling deket/orang yg km percaya utk menyemangati kamu, minimal untuk jadi penopangmu klo km merasa amat sangat ketakutan

    Terus, janganlah terlalu tegang waktu UN atau tes SBM nanti, anggaplah iseng, belajarlah dengan senang, kalo km senang, pelajaran lebih gampang masuk (kalo ane senang apa enggak tetep gak dong sih wkwkwk =_=)

    km pasti bisa, santai aja, dibawa rileks, jangan lupa berdoa juga ya :)
     
  8. Tidak diketahui

    Tidak diketahui Active Member

    aku kasih saran tentang kamu gengsi buat nanya2 di tempat les aja ya.. karna udah banyak yang komen juga huehe..
    ya kalo aku juga sama kayak kamu gengsi nanya.. mending kamu ikut konsul, kamu tanyain apa yang kamu belum ngerti pas tadi dijelasin.. dan ulang2 terus pelajarannya.. jangan males.. banyak banget pesaingmu.. kalo perlu kamu kurang2in main/hangout sama temen *kalo kamu suka keluar orangnya* hm.. jangan sampe datang penyesalan diakhir okeyy jadi kamu harus berjuaaangg yeah!
     
  9. Alam Lukman

    Alam Lukman Well-Known Member

  10. Dina Putri Laras12

    Dina Putri Laras12 New Member

    Jangan pernah takut gagal dan mencoba, aku juga dulu seperti kamu kok.. Aku dulu kesulitan dalam mapel kimia,tapi aku terus mencoba da mencoba.. Sampai akhirnya aku paham.. Oh ya jangan lupa sering2 sholat tahajud atau iskharah bagi yg muslim.. Aku dulu juga kayak kamu nilai UN gak bagus2 amat. Tapi kalo kamu punya niat dan tekad yg kuat yakin lah Tuhan tidak tidur.. Aku doa terus.. Dan Alhamdulillah aku keterima di jalur snmptn di PTN ternama.. Kunci nya adalah jangan berhenti mencoba,jangan takut gagal,dan terus berdoa ok Semangat yaaaa yakin kamu pasti sukses kok..
     
  11. Diana Ongko

    Diana Ongko New Member

    Saran terbaiki ku sbb:
    1. Persiapakan mental & bekal ilmu
    agar mudah ingat belajar setiap hari, sering jawab soal'' (beli buku Persiapan UN beberapa 2 buku UN or 3 buku UN), browsing internet soal UN ada yg online dan offline (ada kunci jwbn u/diperiksa ketika kamu sudah siap mengerjain) jika ada pelajaran yg sulit browsing internet cara penyelesaian gimana). Saya sendiri orgnya tdk mudah paham soal pelajaran cuman saya rutin tanya guru n saya catat, sering jwb soal'', dan kebanyakan guru ajar tidak saya pahami saya belajar secara otodidak cari solusi di internet. jika dari awal sudah dipersiapakan dgn matang pasti kamu tdk akan takut. Tips: belajar sesuai kisi'' yg sudah ditetapkan krna kisi" itu yg akan keluar saat UN.
    jgn terlalu dipaksakan jika biaya tdk memadai, tdk ada kata STOP belajar jika t
    dk bs mengikuti bimbel.

    2. Nutrisi makanan yg mensupport kinerja otak & perbanyak minum air putih
    sarapan sgt penting u/mempersiapkan UN mendatang krna aka lbh fokus, konsentrasi,dan mudah menyerap pelajaran. Mulai skrg perhatikan makanan mu. Tips: Sarapan telur ayam/bebek, pisang, susu sgt bagus buat daya konsentrasi mu. atau bisa juga ditambah dgn suplemen tambahan.

    3. Istirahat yang cukup
    ketika kamu lelah belajar & menjawab soal" (minimal 2-4 jam) sebaiknya berhenti sejenak atau lbh bagus tidur 30 menit - 1 jam u/merefresh otak. biasanya daya konsentrasi lbh nambah ketika bangun tdr.

    4. Banyak berdoa
    sebelum mau belajar atau menjelang UN.

    Semakin dini kamu mempersiapkan UN akan banyak waktu yg kamu bisa persiapkan. So, jgn tunda'' waktu itu sgt berharga.

    Semoga UN kamu berhasil dan kamu LULUS.
     

Share This Page