Apa yang harus dilakukan?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by mardha han, 27 July 2016.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. mardha han

    mardha han New Member

    Halo ^^ .
    ibu saya adalah orang betawi asli . Kedua orang tua saya tidak bekerja , tiap bulan nafkah dari uang kontrakan ibu saya . Dan ada seorang tetangga yang tak jauh rumah nya .. di hari pertama dia mendatangi rumah ibu saya dia ingin meminjam uang tetapi ibu saya tidak ada dirumah , di hari kedua dia meminjam uang senilai 14jt kepada ibu saya , ibu saya pun memberinya 4jt tetapi dia memohon menangis kepada ibu saya bahwa dia harus merobati ibunya yang sakit . Ibu saya pun merasa iba , lalu dia janji akan dibayar dicicil tiap bulan , saat ditagih dia bilang sebelum lebaran akan dibayar tetapi tak kunjung dibayar sepeser pun . Dan saat ditagih malah kakak saya diusir saat ingin menagih alasan uang belum kumpul ... hingga sekarang belum dibayar pun .

    ** secara halus dan jelas nya itu adalah penipuan. Apa sebaiknya saya melaporkan polisi / menuntut nya ???
    Tolong bantu saran
     
  2. Tidak diketahui

    Tidak diketahui Active Member

    hm.. susah ya kalo kayak gitu.. seharusnya sebelum dipinjami uang buat perjanjian tertulis dengannya.. walau sekedar tetangga sekalipun dekat.. karna jumlah uang yang dipinjam cukup banyak..
    tapi.. berhubung udah lewat.. mungkin bisa ditagih dengan alasan kalo mamamu sudah tidak ada uang lagi.. ya gimana ya.. suruh ia berusaha untuk cepat membayar tapi usahain jangan terlalu memaksa karna takutnya tetangga itu malah kabur atau sebagainya.. pelan2 saja.. kalo uang itu sangat diperlukan bilang baik2 ke tetangga itu kalo uangnya tolong segera dicicil..
     
  3. A is R

    A is R Member

    Aduin aja k polisi,
    Udah dbaikin tp kok gitu. Itu penipuan namanya,
    Dari awal dy udh janji bkl byar tiap bulan kan? Y klo mngkir anda boleh lawan kok, toh itu hak anda
     
  4. mardha han

    mardha han New Member

    Terima kasih atas pendapat nya.
     
  5. Fathiya

    Fathiya Well-Known Member

    Klau di aduin ke polisi memangnya ad bukti yg kuat?

    Klw gk ad bukti apapun ya susah...
    Terus coba menagih saja siapa th nanti dia akn bayar... atw certa ke pak RT biar jd mediator...
     
  6. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Ohh iya ya, kan ada Rukun Tetangga :D
    Bisa ga ya, urusan gini di mediator RT ?
     
  7. Fathiya

    Fathiya Well-Known Member

    Entahlah ris :D
    Ya coba saja... kan salah satu tugas pakrete jg membuat situasi kondusif di lingkngan tmpt dia menjabat...
    Siapa thu bisa menolong... dr pd nanti ad keributan...
     
  8. Bela

    Bela Member

    Lain kali klo utang pakai mou (perjanjian) klo g bayar bsa d bawa ke jalur hukum.
    Namanya utang ma klo org gt g akan bayar susah repot. Klo mau datangin orangnya suruh tanda tangan surat perjanjian yg isinya tentang utang piutang di buat dua copy pakai materai 3000 yg satu lembar d materai an peminjam lebar yg d copy materai dan ttdnya di an terpinjam wkakaka buat surat perjanjian tertanggal hari ini yg isinya tentang 1. Dalam perjanjian di benarkan bahwa pihak ke satu (ibu kamu) telah memberi pinjaman kepada pihak kedua (si tukang pinjam) sebesar bla bla 2. Si peminjam pinjam kapan dan d lunasi dengan cara apa 3. Klo peminjam lebih dari berapa hari atau bulan mangkir maka siap di lanjut ke pihak berwajib karena sudah melanggar kontrak gitu mbak klo pinjem banyak harus ada perjanjian. Klo udah buat tinggal datang baik2 minta ttd beres! Aman! Klo dia mangkin dr bulan tsb bawa polisi bsa d proses. Klo cuma minjemin tanpa mou atau perjanjian ga akan bsa mau nuntut apa? Mana bukti fisiknya? Trs gt lah g akan bsa d prosea klo g ada mou mah mbak
     
  9. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Iya tuh bener sist @Bela , dulu sm mantan aj ( waktu masih pacaran ) dia pinjam sekitar 13jt ke saya, ya pakai bukti tertulis plus materai Rp.6000 sbg bukti fisiknya, biar pacar, keluarga, teman, saudara, tetangga, klu mau aman dan terjamin ya kudu ada buktinya. Akhirnya pas sdh putus pun, dia tetap kembalikan uangnya. Nah, klu ibu @mardha han kan sdh terlanjur sist, terus bagaimana solusinya sekarang ?
     
  10. mr.x

    mr.x Well-Known Member

    Yg harus kamu lakukan. Tagih terus tiap hari...

    Lama2 dia akan sadar mau bayar hutang nya...

    Jgn menyerah..
     
  11. mardha han

    mardha han New Member

    Gimana yah saya ingun membantu ibu saya tapi umur saya masih 16th . Jadi pasti akan meremehkan saya yg masih belum cukup umur .--"
     
  12. Volt

    Volt Well-Known Member

    Jadi pelajaran tuh... Jgn kasih ke orng" yg baru ap lg ngga terpercaya... 4 jt kalo d laporin ke polisi ap ngga kekecilan nominalny?? Malah cape ngurusnya...
     

Share This Page