Lepas atau kembali?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Bluesky, 21 June 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Bluesky

    Bluesky New Member

    Mungkin disini ada yang punya pengalaman serupa soal pindah jurusan?

    Aku masuk ptn top 3 di Indonesia. Aku udah melewati 1,5 tahun disana terus aku cuti setaun karena depresi. Aku sambil cuti sambil belajar ya walaupun gak bisa maksimal, alhamdulillah sbmptn keterima di ptn lagi. Di unj. Cuma aku lagi galau. Mending aku balik atau aku mulai dari awal di unj? Secara bagusan univ aku yg dulu. Alumni alumni orang sukses semua, tp aku harus tahan merasa gak hidup setiap harinya. Dan Walaupun aku balik, aku bakal tetep telat setaun dari temen-temenku. Temen bakal pada semester 5, aku masih semester 3. Dan lagi masih ada mata kuliah wajib yg belom lulus. Aku gak yakin apa aku gabakal stress lagi dan bisa sampe akhir tanpa temen-temen. di sisi lain aku juga pernah berdoa sebelum dan sesudah ngerjain sbmptn "kalo gak diterima, mungkin memang jalannya di kampus sebelumnya, kalo pun diterima , Dimanapun, dapat membuat hamba lebih baik dan bertakwa dari sebelumnya" Aku tau aku harus lebih percaya Allah karena Dia yang mengetahui segalanya. Tapi bagaimana bisa memantapkan hati ini? Rasanya sedih ketika biasanya saya selalu mulus dan berada di atas, lalu tiba-tiba saya harus turun kebawah ..
     
  2. yerazogh

    yerazogh Active Member

    Kamu berdoa mohon petunjuk, apalagi saat ini bulan yang penuh berkah. Semoga lekas dapat petunjuk.
     
  3. Bluesky

    Bluesky New Member

    Iya makasih yaa..
     
  4. juzie

    juzie Well-Known Member

    shalat istikharah...

    oh iya mungkin kamu blum gitu ngerti dgn mata kuliahmu ya? jd blum ngerasa ada yg menarik.. coba minta petunjuk, krn jurusan yg kamu ambil di UNJ jg masih bikin kamu ga yakin
     
  5. Bluesky

    Bluesky New Member

    Aku permasalahin soal kualitas univnya, sampe skrg aku masih mikiron omongan org lain. Selalu pengen dapet yg terbagus walau aku gak suka
     
  6. juzie

    juzie Well-Known Member

    ya klo itu yg kamu pengen knp sempet ada niat pindah? kan kamu udah tau maumu sendiri itu apa kan, klo masalah telat dan ga pede krn ketinggalan sama teman seangkatan ya mesti bisa gaul sama adek" juniormu biar ada teman
     
  7. yolla

    yolla Active Member

    Kuliah itu bukan soal lebih bagus mana univ / lebih ternama mana univnya, itu semua tergantung kita. sebagus apapun univ klo kita ga bisa imbangin ya percuma.

    Semakin bgus univ, semakin kuat jg persaingannya.. seblum pilih dimna kita akan kuliah kita jg hrus pikirin segala resiko dan kemungkinan2 keluh kesah yg bakal kita alami di univ tsb. persaingan di kuliah itu bln sebanding sm persaingan di dunia kerja. di dunia kerja persaingan lebib kejam lagi, malah banyak perusahaan mencari org yg tepat & bisa diandalkan tnpa melihat org itu lulusan univ ternama/bukan, PTS/PTN, yg penting dia ahli dlm bidangnya.

    bisa jd km blm nemuin minat & bakat km sehingga km ga nyaman dan kesulitan menjalaninya.
    minat & bakat itu ga selalu dicari, tpi jg dipelajari.
    yg tau lanjut/gaknya ya diri kamu sendiri, karna kamu yg menjalani masa depan kamu sendiri gimna kedepannya.. good luck ya..
     
  8. Bluesky

    Bluesky New Member

    Karena saya gak bisa ngikutinnya dan gak suka sama materinya. Cuma karena jurusan ini ada di sebuah univ ternama.. Saya lebih prefer jurusan baru yg dipilih saya, tp univnya saya gak yakin.
     
  9. Bluesky

    Bluesky New Member

    Iya, cuma saya suka kesel sendiri, karena saya dipandang rendah karena turun grade. Apa saya harus maksain diri untuk memuaskan tuntutan masyarakat? Saya bingung... Saya takut pandangan orang.
     
  10. yolla

    yolla Active Member

    Jadi kamu lebib takut "pandangan orang" dibanding "masa depan" kamu sendiri ? kamu lebih mementingkan memuaskan p
     
  11. yolla

    yolla Active Member

    *Blm selesai ketik udh kepencet*
    Kamu lebih mementingkan memuaskan pandangan orang lain dibanding masa depan kamu? Inget lho mereka ga menjamin masa depan kamu, kamulah yg memegang masa depan kamu, bukan mereka. seharusnya ini bisa jd memotivasi kamu buat buktiin kemereka karna apa yg km jalanin sekarang lebih kamu sukai dibanding sebelumnya
     
  12. Bluesky

    Bluesky New Member

    Ya begitulah... Mau gimana lagi. Dampak mereka ke seseorang dgn kepercayaan diri yg hampir gak ada ini, bikin frustasi. Dampaknya juga ke keluarga. Beban semakin berat. Rasanya jadi semakin gak berguna, cuma nyusahin doang dan bikin malu. Andai semua masyarakat bisa mendapatkan edukasi tentang berperilaku dan tutur kata
     
  13. yolla

    yolla Active Member

    Siapapun ga ada yg bisa memastikan masa depan km lancar, bagus,dll sekalipun itu keluarga.
    Jangan berkutat pada apa yg telah terjadi, fokuslah sama apa yg akan terjadi. kalo pemikiran kamu begini trus, pikirin apa efek kedepannya.

    Keras kepala dalam urusan cita2, masa depan itu ga salah, justru itu menunjukan kamu berkomitmen, konsisten, ga gampang digoyahkan orang lain. tapi bukan berarti kamu ga peduli orang lain.

    Fokus sama kedepannya aja, banggakanlah keluarga jgn sampe ngulangi hal yg sm untuk ke2xnya hnya karna kamu memikirkan pandangan orang lain :)
     
    Bluesky likes this.
  14. Bluesky

    Bluesky New Member

    Makasiy yaa semoga pikiran ini tercerahkan. Emang yg paling susah itu move on hahahha tapi bukan move on dari mantan, move on dari keterpurukan
     
  15. yolla

    yolla Active Member

    Iyaa ngerti ko, wajar juga.. emang yg paling susah itu menasihati diri sendiri, dan menyemangati diri sendiri.. maaf ya klo ada salah2 kata/omongan hehe
     
  16. LittleKangaroo

    LittleKangaroo Active Member

    Hmm we can't decide because it is your life. Aku cuma mau bilang, kalau akhirnya kamu keterima dan kalau kamu yakin Allah mengabulkan do'a, berarti itu yang terbaik untuk saat ini. Mungkin memang gak sebaik dimata masyarakat, tapi Allah mungkin tau mana yg baik untuk kehidupan kamu selanjutnya. Siapa tahu kalau kamu kembali, kamu akan keteteran dan depresi lagi. Jauh lagi dari Allah. Setau aku unj anaknya alim-alim dan ada mentoring juga tiap minggu, semoga aja Allah emang nempatin kamu sesuai keinginanmu yang semakin ingin taat kepadaNya. Allah mengetahui sedangkan kamu tidak. Jadi lebih percaya siapa?
     
  17. LittleKangaroo

    LittleKangaroo Active Member

    Kalau gak bisa percaya diri sendiri, setidaknya percaya sama Allah. Bismillah aja, Aku juga pindah kuliah. Jangan lihat kebelakang, jangan dengerin bisikan bisikan orang tentangmu, mereka gak akan buat kamu sukses. Aku tau kamu bisa kok.
     
  18. Ringga17

    Ringga17 New Member

    Kesel bacanya. Banyak yg bermimpi masuk ptn termasuk saya, saya ngejar2 masuk ptn 2tahn, snm, sbm,um,poltek, tes beasiswa, semuanya gagal. Sedangkan ente punya dua pilihan ptn, tinggal milih tapi takut stress. Sumpah kesel gua bacanya. Kalo masalah stress semua manusia juga punya penderitaan dan stress masing. Orang tajir aja bisa stress, yg imanya tinggi pun bisa stress. Selama masih idupmah masalah pasti ada mati juga masih masalah. Jangan takut lah.hadapi dengan semua kemampuanmu. Ente tinggal analisa mana yg paling buruk nantinya.pilih yg paling kecil resiko dan penderitaan. Kalo masalah nilai dan ketinggalan masih banyak waktu untuk ngejar dan memperbaiki berjuang aja sampe mati rasa sampe gk bisa berdiri lagi. Ente diberikan kesempatan luar biasa. Doa usaha. Doa usaha.
     
  19. LittleKangaroo

    LittleKangaroo Active Member

    Don't be so judgemental bro. Kita gak tau apa yang pernah dilewati masing-masing orang sih sebenernya.. Saya pindah kuliahan juga karena depresi berat sampe rasanya mau suicide. sama kayak mas Bluesky, saya diberi rezeki di ptn. Kasusnya mirip saya, jadi saya cukup tau rasanya ketika org meremehkan :"( Setiap orang punya daya tahan yg berbeda, pemikiran dan prinsip hidup yang berbeda. Kita yg gatau apa-apa cuman bisa kasih support, kepercayaan diri, dan nasihat kecil.
     
    Bluesky likes this.
  20. ce rhe

    ce rhe Member


    percuma panjang lebar ngomong gan, lagian dia gak butuh masukan. dia cuma butuh pendengar yang baik aja.
    karena dia sebenarnya sudah tau mana yang terbaik buat dia.
     

Share This Page