Apa gunanya kita berusaha dan berdoa dalam hidup, kalau semua sudah di tentukan allah?

Discussion in 'Ruang Curhat' started by Mufana14, 14 November 2017.

Silakan gabung jadi member agar bisa posting
  1. Mufana14

    Mufana14 Member

    Jadi gak guna dong kita berdoa
     
  2. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Hati hati dgn kata ga guna ttg tuhan, saudara...

    Apa kmu sdh tdk takut sm pencipta?
     
  3. Mufana14

    Mufana14 Member

    Terus, aku harus bagaimana?
    Apakah aku hanya bisa pasrah dalam hidup ini hingga ajal menjemput gitu?
     
  4. rikisibarani

    rikisibarani Well-Known Member

    Jadikan tujuan hidupmu utk menyenangkan hati tuhan.. Itu sj
     
  5. Hestie

    Hestie Active Member

    Pertanyaan km itu muter muter itu itu melulu.
    :D
    Kalau menganggap Doa ga guna, berarti pandangan km atas doa dan Tuhan udah ga beres.
     
  6. Mufana14

    Mufana14 Member

    Karena itu aku belum bisa menemukan jawabannya
     
  7. MasnyaEnak

    MasnyaEnak Active Member

    Istirahatlay bro
    Saya aja udah capek galau terus
     
  8. Mufana14

    Mufana14 Member

    Hahahaha, sampai kapan harus istirahat
     
  9. Mufana14

    Mufana14 Member

    Up dulu, mana tau ada yang bisa bantu
     
  10. Fadhli

    Fadhli New Member

    topik menarik, pertanyaan simpel, jawaban ribet wkwkkw
    well, gw juga dulu nanya begini, berhubung ga ada yg bisa jawab jadi gw cari sendiri. Jawaban ini sifatnya pribadi, jadi kalo cuman buat referensi ok, tapi buat jadi "jawaban yg paling benar" masih banyak kekurangannya ini

    takdir, itu sudah ketentuan tuhan, dan itu hak pribadi tuhan, mempertanyakan hal ini itu bagai mempertanyakan "kok tuhan ngatur2 kita sih sebagai manusia? kita kan harusnya hidup bebas"
    mayoritas ahli agama sepakat bahwa sebaiknya kita tidak mempertanyakan hal ini, karena bisa murtad (agama apapun)

    pendekatan islam bagaimana? islam punya pandangan dari asmaul husna, bahwa Allah maha mengetahui masa lalu dan masa depan, jadi yang dimaksud takdir disini adalah pengetahuan allah tentang masa lalu dan masa depan, dan allah pemilik segala ilmu dan kecerdasan, dan rizki, dialah pemilik segalanya. dan dalam pandangan islam takdir ada 2, ada yang bisa diubah, ada yang tidak. contoh, yang tidak bisa diubah adalah waktu kematian dan rezeki. yang bisa diubah adalah cara matinya, dan cara mendapat rizkinya.

    contoh takdir, misal seseorang pada hari jum"at meninggal kena kayu, ini tidak bisa diubah. tapi detilnya bisa diubah, kalo dia orang baik mungkin pas dia kejatuhan ranting kayu dia kaget trus kena serangan jantung, terus meninggal. kalo orang jahat ketimpa batang pohon kayu gede sampe gepeng kaya keripik.

    contoh takdir rezeki, misal pada hari senin seseorang dapat duit 5 juta, itu takdir yang tidak bisa diubah. tapi takdir yang bisa diubah yang mana? kalo orang jahat pas hari senin dapet 5 juta dari korupsi atau rampok, kalo yang baik dari hasil gajian dapet 3 juta, eh ternyata dapet bonus dari atasan 2 juta karena rajin.

    jadi kita berusaha dan ber doa agar yang kita dapet itu dari sumber yang baik, karena disinilah letak perbedaan takdir. jadi misal di "catatan" allah kita dapet takdir jelek (misal rantai putus pas bawa motor), kalo amalan ita baik, bisa aja ada orang baik lewat, trus bantuin kita buat ke bengkel terdekat, kalo amalan kita jelek, bisa ketemu begal.

    yang penting, harus ikhlas, terima takdir baik atau buruk, karena bisa jadi yang kita pikir buruk itu baik menurut tuhan, dan begitu pula sebaliknya. karena hanya tuhan yang tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, yang bisa dilakukan manusia hanya mengambil hikmah dari setiap kejadian, dan terus berusaha untuk hasil terbaik

    yap, ini pendapat pribadi, jadi pasti banyak kekurangannya, karena pemilk kebenaran sejati hanya tuhan. tapi setidaknya lumayan buat bahan referensi gan
     
  11. Fadhli

    Fadhli New Member

    oya, pas gw baca ini topik galau bgt. intinya banyak yg bilang "hidup itu kaga enak". gw ga tau agama elu pada apaan, kalo gw islam. emang sejak kapan hidup itu enak? di al qur an sama hadis nabi muhammad udah dibilang hidup itu ujian, elu kaya bisa ga bahagia,miskin juga ga bahagia. kalo mau bahagia ala islam, mending elu ikutin resep tombo ati yg dinyanyiin opick. amalin resep tombo ati itu ga bikin orang miskin jadi kaya, tapi bikin hati miskin jadi kaya.

    kalo mau hati bahagia, sebaiknya banyak bersedekah, sebab sedekah itu melembutkan hati. sedekah kaya gimana?
    orang2 bule yang kerja di google punya aturan gini: semua yg bekerja di google harus mendoakan yang baik2 kepada setiap orang yang dia temui, termasuk orang yang dia benci, mulai dari bangun tidur sampe tdur lagi, ke semua orang. hasilnya? google tercatat sebagai perusahaan dengan tingkat kebahagiaan yang tinggi. orang bule udah buktikan, masa kaga di coba? kalo ga bisa sedekah uang ya sedekah doa aja gan.
     
  12. mr.x

    mr.x Well-Known Member

    Jawaban nya ada dlm dirimu sendiri....
    Kamu ingin dihargai oleh orng lain, hargai orng lain terlebih dahulu...

    Bnyk2 bergaul dengan dunia nyata, jgn di dunia maya saja...
     
  13. Mufana14

    Mufana14 Member

    Maksudnya?
     
  14. mr.x

    mr.x Well-Known Member

    Lu tanya sama ust. Sandal jepit (permadi)..
     
  15. kepada.dirinya

    kepada.dirinya New Member

    Kamu harus belajar tentang bersyukur. Percuma kamu berusaha, kamu berdoa, tapi kamu gak pernah berterima kasih masih diberi kehidupan sampai sekarang. Kalau semua orang berpikiran seperti yang kamu katakan tadi, mungkin mereka akan berkata seperti ini " Yaudah, gua gausah berusaha. Gua gausah kerja. Tinggal tunggu apa yang dikasih sama Tuhan, soalnya kan semua udah diatur sama Tuhan. Kita tinggal tunggu aja kapan dikasih jalan sama Tuhan.".
    Kalo semua orang berpikiran seperti itu, hasilnya semua orang jadi pengangguran. Gk akan yg namanya KFC, gk akan ada yang namanya Facebook, bahkan kita pun gk akan tau apa yang namanya Microsoft.
    Kalo aku boleh kasih saran dikit ya. Kalo memang Tuhan belom kasih lu jalan, lu harus cari jalan itu sendiri dengan tangan lu. Kalo emang lu ditolak kerja, masih banyak perusahaan/ kantor lain. Dan kalo emang masih ditolak, mungkin lu emang ga pantes buat kerja di perusahaan/kantor. Tapi Tuhan sedang mengajari lu buat jadi seorang pengusaha :)

    Masih banyak bidang yang belum dicoba, jangan terus bergumul di satu bidang.
    So, semangat ya buat petualangan hidupnya. Find you're journey :) GBU.
     
    MasnyaEnak likes this.

Share This Page